Selasa, 23 Agustus 2011

Menyambut Hari Kemenangan 1432 H


Menjelang pelaksanaan lomba pawai takbiran  1432 H. tingkat Kecamatan Batulayar, pemerintah kecamatan kembali menggelar rapat teknis. Rapat yang dihadiri oleh Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Batulayar tersebut berdurasi kurang lebih 90 menit. Dalam rapat yang langsung dipandu oleh Bapak Burhanudin selaku Sekretaris Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Seksi Kessos Kecamatan tersebut juga didampingi oleh Sekretaris Camat Batulayar untuk memberikan sambutan dan arahan seputar pelaksaaan lomba nantinya.  
Acara yang dihadiri oleh Kepala Desa se-Kecamatan Batulayar, Muspika, dan Dinas Nivo tersebut, selama satu jam belum belum menemui titik terang. Hal ini terkait masalah teknis pelaksanaan lomba yang juga masih ambigu. Kita  belum tahu secara pasti kapan jatuhnya hari lebaran, namun berkisar antara Selasa atau Rabu, demikian ungkap Ir. Mawardi Gupron selaku Sekcam dalam penjelasannya. Sementara dari pihak Pengamanan (Kepolisian) mengusulkan rute pawai takbiran diperpendek, dengan alasan menghindari  kemacetan pada malam tersebut.
Usul yang dilontarkan dari pihak kepolisian tersebut mendapat tanggapan serius dari peserta rapat lainnya terutama Ketua PHBI Kecamatan. Sejatinya, pawai akan mulai dilepas dari depan Fun Park dengan finish di Kantor Camat Batulayar. Dengan alas an rute tersebut pihak pengamanan mengusulkan untuk finish di depan Kantor Desa Batulayar untuk gampangnya pembuangan arus pengguna jalan dari arah Senggigi menuju Ampenan, hanya saja yang kita lakukan ini kan syi’ar Islam, masyarakat akan tumpah ruah, dan  juga dari segi penilaian agak merepotkan. Bagaimana kita akan melakukan penilaian kalau rutenya terlalu pendek, sementara barisan peserta lomba sangat panjang, begitu alasan Ketua PHBI dalam tanggapannya.
Acara yang berakhir sekitar pukul 11.30 tersebut menemui titik terang dengan rute star pawai takbiran dari depan Fun Park Yellow Mongkey hingga di depan Hotel Bintang Senggigi diselangi oleh panggung kehormatan yang ada di halaman Kantor Camat Batulayar. Adapun pada lomba yang akan berlangsung dalam menyambut hari kemenangan tersebut seperti biasanya akan menggunakan 3 (tiga) wasit seperti tahun-tahun sebelumnya, dari pihak kepolisian untuk melihat kerapian barisan salah satunya.