Sabtu, 30 Januari 2016

SISWA-SISWI ISHLAHUL MUSLIMIN MENDAPAT BANTUAN PKH

Sebanyak 60 orang perwakilan dari Madrasah Ishlahul Muslimin Desa Senteluk Kecamatan Batulayar mendapatkan bantuan pendidikan melalui Program Keluarga Harapan alias PKH. Sebagaimana telah dimaklumi, program yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ini merupakan salah satu subsidi dengan sasaran rumah tangga miskin, termasuk diantaranya mereka yang menyandang status sebagai pelajar. Dari rincian data yang dibawah oleh petugas pendamping Program Keluarga Harapan Kecamatan Batulayar, Ramadhan, S. Pd.I yang ditugaskan oleh pemerintah tersebut memaparkan perolehan data untuk Madrasah Ishlahul Muslimin Desa Senteluk.
Didampingi Kepala Madrasah Aliyah, Ehsan Husni dijelaskan secara mendetail oleh petugas siswa yang berhak mendapatkan bantuan yang pencairannya per triwulan sekali ini. Adapun rincian data siswa yang mendapatkan bantuan terdiri dari 22 orang perwakilan dari Madrasah Aliyah dan 38 siswa dari perwakilan tingkat Tsanawiyah.
Tahun 2016 ini, ini datanya, mereka yang akan mendapatkan bantuan dari program PKH, demikian ujar Ramadhan yang diangguki oleh Kepala Madrasah Aliyah di ruang guru MA tersebut. Untuk diketahui, siswa yang untuk tingkat Tsanawiyah yang terdaftar sebanyak 199 siswa sedangkan untuk Madrasah Aliyah memiliki 85 siswa/siswi yang belajar di Ishlahul Muslimin.
Terkait dengan jumlah perolehan yang akan didapatkan oleh siswa berbeda-beda. Untuk siswa Madrasah Tsanawiyah mendapatkan uang senilai Rp. 187.500 (Seratus delapan puluh tujuh ribu lima ratus) dan siswa untuk tingkat Aliyah mendapatkan bantuan Rp. 250.000 (Dua ratus lima puluh ribu). Ini pencairannya per triwulan dan diambil melalui Kantor Post terdekat. Awalnya melalui Bank, namun karena kerumitan jadi dipindak ke post, demikian cerita Ramadhan selaku petugas penyaluar bantuan.
Gunawan Hamdi, salah seorang siswa kelas XII Madrasah Aliyah yang diinformasikan diri mendapatkan bantuan ini merasa senang dengan perhatian pemerintah ini. Ya senang, menambah gairah untuk menuntut ilmu, begitu jawab Gunawan. Senada Gunawan Hamdi, Fitriani yang juga kebagian dana ini mengatakan hal yang sama. Siswi kelas X ini mengutarakan harapannya kepada petugas dengan adanya dana bantuan ini. Mungkin kalau kuliah juga, bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, canda siswi asal Senteluk ini.
Semua ini memiliki arti bahwa pemerintah begitu memperhatikan rakyat, untuk kemajuan dan kemandirian khususnya dalam bidang pendidikan. Tentunya dengan bantuan yang akan disalurkan oleh pemerintah ini mengharapkan partisipasi aktif, kepada anak dan kepada orang tua untuk terus memberikan pendidikan dan pengajaran kepada generasi untuk peningkatan kualitas hidup.