Kamis, 21 Januari 2016

IBU HAMIL DIBERIKAN PEMBINAAN OLEH PIHAK KESEHATAN



Guna peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, pemerintah terus mendorong aparaturnya untuk bekerja lebih serius untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan yang ada di masyarakat. Gambar yang tersangkut dalam tulisan ini adalah para ibu-ibu hamil yang ada di Desa Sandik Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Kini, ibu hamil begitu diperhatikan oleh pemerintah dalam hal pelayanan kesehatan mereka. Pembinaan atau penyuluhan tak jarang diprogramkan bagi mereka yang tenga berbadan dua. Pembinaan bagaimana memelihara diri saat mengandung ini mendapat penanganan serius dari Dinas Kesehatan.
Raodah salah seorang warga Desa Sandik sangat menikmati program yang dimotori oleh Puskesmas Meninting ini. Dihamil yang keempat ini, Raodah dan ibu-ibu hamil lainnya diberikan pemahaman utuh bagaimana cara memelihara dan merawat kandungan secara baik dan benar. Dari hal-hal kecil kita disuruh perhatikan, misalnya kesehatan, pola makan, dan sebagainya, itu saran yang diberikan oleh pihak kesehata, demikian cerita Raodah.
Di Desa Sandik saja terdapat 18 wanita yang tengah berbadan dua. Usia kandungan mereka pun sangat relative, dari usia 2 bulan bahkan hingga ada yang menunggu bulan-bulan akan bertambahnya keluarga di rumah mereka. Selain Raodah, wanita yang mengikuti pembinaan ibu hamil ini adalah Bq. Erica. Saat ini usia kandungan Erica memasuki 8 bulan, dia menuturkan bahwa program tahun ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang tengah hamil. Di samping diajarkan bagaimana memelihara dan merawat kandungan, ibu-ibu hamil ini diajaran untuk senam, tentunya senam khusus untuk mereka yang hamil, demikian terang isteri dari Awaludin ini.
Pembinaan kesehatan khusus ibu hamil ini dilaksanakan selama 5 hari di Dusun Sandik Bawak Desa Sandik Kecamatan Batulayar. Semua peserta yang mengikuti program ini sangat antusias, karena disamping mendapatkan ilmu tentang kesehatan, bisa saling bersilaturrahmi dan berceritera kepada mereka sesame kaum Hawa.