Senin, 18 Januari 2016

KULINER IKAN LAUT MENINTING KIAN MENJAMUR



Istilah kuliner memang tidak asing di telinga masyarakat. Mungkin, masyarakat yang terlalu awam yang tidak mengenal istilah kuliner. Baru sepekan ini, Plt. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid meresmikan kuliner di pinggir Pantai Desa Meninting Kecamatan Batulayar. Ternyata kuliner ikan laut yang berada di sepanjang pinggir pantai Desa Meninting kian menjamur. Kuliner ikan bakar merupakan khas yang banyak digandrungi oleh mereka yang hidup dan berusaha dari hasil laut dengan menangkap ikan.
Meskipun demikian, tidak semua perjalanan kuliner di sepanjang pantai Meninting berjalan mulus atau sesuai dengan yang mereka harapkan. Seperti yang dialami oleh Inak Salimi, Inak Mis dan Inak Ayuni. Mereka bercerita jika sepekan kemarin mendapatkan kunjungan dari Bupati Lombok Barat. Tempat mereka yang berada di sebelah Selatan termasuk daerah yang masih sepi setelah dipindah dari Pusat Pantai Meninting.
Kami tinggal di sini lebih dari satu tahun sudah. Kunjungan ramai pada hari Minggu saja. Selain hari itu bisa dibilang sepi, karena letaknya agak jauh dari sebelumnya, cerita Inak Ayuni di lokasi dagangannya di sebelah selatan Pantai Meniting. Rata kuliner ini menyiapkan ikan bakar dengan berbagai pilihan dan jenis dan pelengkap-pelengkapnya seperti pelecing kangkung dan sebagainya.
Saat mendapat kunjungan dari anggota KIM Kecamatan Batulayar, Inak Ayuni mengatakan minta bantuan untuk dibantu promosi melalui media. Tolong diceritakan dan ajak teman-temannya untuk berkunjung kesini, demikian ucap Inak Ayuni berharap. Mungkin karena tempat yang sedikit sepi menjadikan para kuliner ikan yang berada di pinggir pantai bagian selatan mengatakan demikian.