Senin, 18 Januari 2016

BAZNAS PROVINSI BERI SANTUNAN YATIM DI BENGKAUNG

Desa di Kecamatan Batulayar ketiban rezeki. Desa Pusuk Lestari dan Desa Bengkaung Kecamatan Batulayar mendapat kunjungan dari Badan Amil Zakat (Baznaz) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun yang mendapatkan jatah dari Baznaz tersebut adalah orang-orang jompo dan anak yatim piatu. Dari tujuh dusun yang tersebar di Desa Bengkaung, semua dusun mengirimkan perwakilan untuk menerima jatah. Terhitung sebanyak 140 orang dari Desa Bengkaung secara keseluruhan mendapatkan santunan dari Baznas Provinsi NTB.
Pentasharuffan tersebut dilakukan langsung di Kantor Desa Bengkaung dan dihadiri oleh Kepala Desa Bengkaung, H. Ahmad Junaidi. Masing-masing dari mereka (anak yatim dan jompo) mendapatkan bantuan uang tunai senilai 100.000 (Seratus ribu rupiah) yang diterima langsung oleh mereka yang telah tercantum namanya dalam data yang disebar oleh Desa Bengkaung.
Hari ini kita berkunjung ke Desa Bengkaung dan Desa Pusuk Lestari, dan semua mendapatkan jatah yang sama, demikian cerita Muttaqin, Lc, yang merupakan petugas dari Baznas di Kantor Desa Bengkaung. Salah seorang anak yatim tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa sangat senang dengan pemberian bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Senang bisa pakai belanja, ujar anak yatim tersebut saat ditanya oleh Staf Desa Bengkaung.
Sementara itu, Kepala Desa Bengkaung mengatakan jika pembagian santunan seperti ini dari pemerintah memberikan harapan hidup bagi mereka yang kekurangan, termasuk anak yatim yang tidak memiliki pengampu. Selain kewajiban pemerintah untuk melindungi dan mensejahterakan, setidaknya mereka mempunyai harapan untuk terus hidup berjuang tanpa orang tua, demikian ungkap Kepala Desa Bengkaung. Proses pentasharrufan zakat, infak dan sadakah tersebut tidak lama, karena masyarakat sudah menunggu memadati Kantor Desa untuk menerima bantuan.