Selasa, 16 Juni 2015

PEMBENTUKAN PANITIA TAKBIRAN DI KECAMATAN BATULAYAR

Memasuki Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kecamatan Batulayar mulai memfasilitasi pertemuan Pembentukan Panitia Safari Ramadhan dan Pawai Takbiran yang akan dihelat selama Bulan Suci Ramadhan dan kegiatan inti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pertemuan yang diselenggarakan di Aula Sanggar Seni Kecamatan Batulayar ini melibatkan Dinas Nivo dan unsur terkait lingkup Pemerintah Kecamatan Batulayar.
Suparlan, selaku Camat Batulayar langsung membuka rapat. Pada penjelasannya Camat akan terus dan tetap mendukung semua kegiatan yang akan diusulkan dari bawah seperti Desa. Pertemuan yang intinya membahas sistem pelaksanaan kegiatan, termasuk safari ramadhan dan pawai takbiran, mendapatkan begitu banyak tanggapan utamanya dari para kepala desa yang ikut hadir selaku peserta rapat.
Untuk Safari Ramadhan tahun ini berbeda dengan safari-safari pada tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, pihak Kecamatan yang mengusulkan wilayah yang akan dikunjungi oleh Tim Safari dari Kabupaten, namun setelah menghadiri rapat di Kabupaten ternyata Kabupaten sudah menentukan daerah mana yang akan dikunjungi untuk melakukan silaturrahim dengan warga selama bulan puasa. Sistem yang safari yang pun sedikit berubah, yang awalnya masing-masing desa di tiap Kecamatan mendapatkan jatah, kali ini satu Kecamatan diwakili oleh satu desa yang akan dikunjungi oleh tim Kabupaten, demikian penjelasan Camat Batulayar.
Untuk tahun ini, Kecamatan Batulayar akan diwakili oleh Desa Lembahsari dengan menunjuk Masjid At-Taqwa Dusun Sidemen sebagai lokasi safari yang akan mendapatkan jatah pada tanggal 29 Juni 2015. Dan menurut perkiraan Camat Batulayar yang mendapatkan informasi terkait pelaksanaan safari, tamu yang akan mengunjungi Desa Lembahsari mencapai 100 orang. Semua dinas terkait dan kepala desa akan berkumpul di Desa Lembahsari, begitu lanjut Suparlan di hadapan hadirin.
Selanjutnya terkait dengan sistem pelaksanaan Pawai Takbiran, 9 Kepala Desa yang mengikuti rapat sepakat mengulurkan dana sebesar Rp. 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) untuk mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan pada malam idul fitri mendatang. Semua Kepala Desa yang hadir juga sepakat akan mengadakan lomba pawai takbiran yang merupakan syiar dari agama Islam.
Kepala Desa Senteluk termasuk salah satu yang paling getol agar kegiatan lomba pawai takbiran diadakan di tingkat Kecamatan agar lebih meriah. Ini kan acara yang dilaksanakan setiap tahun, syiar Islam, jika kecamatan mengadakan kegiatan akan lebih ramai, tentunya dengan mempertimbangkan segala konsekuensi dari pelaksanaan kegiatan, seperti dana, keamanan, ketertiban dan sebagainya, begitu usul dari Mustiadi perwakilan dari Desa Senteluk.
Menjawab semua persoalan tersebut, Pemerintah Kecamatan Batulayar menentukan panitia terkait dengan saratnya kegiatan yang akan dihadapi saat Bulan Suci Ramadhan dan malam Hari Raya Idul Fitri.