Kamis, 25 Juni 2015

12 MASJID MENDAPATKAN BANTUAN DI BATULAYAR



Tahun ini terdapat  dua belas masjid di Kecamatan Batulayar mendapatkan bantuan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Dua belas masjid yang mendapatkan bantuan tahun ini merupakan pengusulan dari tahun sebelumnnya yaitu tahun 2014. Dari sembilan desa yang tersebar di Kecamatan Batulayar, persis masing-masing desa memiliki perwakilan atau masjid yang mendapatkan jatah dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
Dan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya masing-masing masjid mendapatkan bantuan operasional senilai 5 juta rupiah, kini justru turun menjadi 4 juta rupiah. Peruntukan jatah bagi masing-masing masjid memang tetap ada setiap tahunnya. Untuk Kecamatan Batulayar, masjid yang mendapatkan jatah tahun ini adalah; Masjid Nurul Yaqin, Majdi At-Taqwa, Al-Ijtihad, Baituttaqwa, Nurul Ihsan, Nuruttaqwa dan Nurul Huda Desa Pusuk Lestari Kecamatan Batulayar.
Jatah ini tentu merupakan hasil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten. Uang sumbangan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah senilai 4 juta rupiah ini selanjutnya akan dibagikan saat Acara Safari Ramadhan Tim Kabupaten Lombok Barat dengan masyarakat Desa Lembahsari. Secara tidak kebetulan, rangkaian acara kabupaten pada Ramadhan tahun ini akan digelar satu kali dalam bentuk acara silaturrahim dengan masyarakat yang dipusatkan di Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar.
Masing-masing pengurus dari perwakilan masjid yang mendapatkan jatah, termasuk di dalamnya semua Kepala Desa diminta untuk menghadiri acara Safari Ramadhan yang didalamnya dirangkaikan dengan pemberian sumbangan masjid untuk pengusulan Tahun 2014 satu tahun silam. Sementara untuk tahun 2015 ini, Kecamatan Batulayar telah menetapkan 5 masjid dari 5 Desa yang akan mendapatkan jatah pada tahun 2016 mendatang. Terkait dengan jumlah atau nominal yang akan diperoleh, belum dipastikan karena menyesuaikan dengan kebutuhan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.