Selasa, 03 Maret 2015

GELIAT MTQ XXVI TINGKAT KABUPATEN LOMBOK BARAT DI BATU LAYAR

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 di Kecamatan Batu Layar tinggal menghitung hari. Tepatnya, tanggal 14 Maret pertandingan seni baca Al-Qur’an akan bergemuruh  dan menggema di jantung pariwisata Lombok Barat. Eks Sasaka Beach akan dijadikan arena utama pelaksanaan Musabaqah yang melibatkan sepuluh Kecamatan yang tersebar di Lombok Barat.
Seiring dengan semakin dekatnya pegelaran acara, Panitia Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kecamatan Batu Layar tengah disibukkan dengan melakukan rapat koordinasi. Hingga saat ini saja, Panitia MTQ Kecamatan Batu Layar telah melangsungkan tiga kali pertemuan terkait dengan pembahasan seputar lomba. 
Di samping mempersiapkan penyelenggaran Musabaqah, Kecamatan Batu Layar juga sedang merancang acara dalam rangka menyukseskan Hari Ulang Tahun Lombok Barat yang akan jatuh pada tanggal 17 April mendatang. Berbagai rapat dan pertemuan digelar terutama untuk membahas bagaimana persiapan Batu Layar sebagai Tuan Rumah MTQ XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat.
Pada pertemuan tadi siang, Kafilah Batu Layar mengagendakan tiga kegiatan sekaligus terkait dengan pelaksanaan MTQ. Rapat kerja panitia, Pengukuran Baju Pawai Taaruf, serta validasi calon peserta yang akan diturunkan untuk bersaing melawan Sembilan Kecamatan. Masing-masing Kecamatan akan mengharumkan wilayah mereka dengan para peserta yang akan tampil dari begitu banyak kategori lomba yang akan dipertontonkan di khalayak ramai.
Beberapa lokasi utama tempat persiapan, termasuk tempat penginapan kafilah, petugas tengah melakukan penyisiran. Keamanan, kenyamanan, kelayakan yang akhirnya akan menjadi salah satu penentu keberhasilan utusan-utusan masing-masing Kecamatan. Beberapa tempat seperti, eks Sasaka Beach akan akan dijadikan Arena Utama perlombaan, disusul dengan masjid, sekolah dan pondok-pondok pesantren yang sudah diplot menjadi lokasi lomba.
Masjid Nurussyuhada Desa Meninting, Masjid Al-Taqwa Dusun Pelempat, SMK 1 Batu Layar, SMPN 1 Batu Layar, Taman Kota Sandik, dan Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Dusun Tato Desa Sandik sudah bisa dipastikan akan menjadi tempat Lomba. Selama ini, Batu Layar dikenal dengan pariwisata Senggigi dan Pantainya, namun kali ini Batu Layar, tepatnya tanggal 14 Maret 2015 Batu Layar akan dipermak menjadi daerah yang sarat religious dengan digelarnya Musabaqah Tilawatil Qur’an.
Sudah bisa pastikan masyarakat Lombok Barat pada umumnya, atau Batu Layar khususnya akan memadati arena-arena dimana lomba akan digelar. Untuk Kafilah saja, Batu Layar akan melepas tak kurang dari 600 personil yang akan diturunkan sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Lomba.