Rabu, 04 Maret 2015

PERSIAPAN PEMBUKAAN MADRASAH ALIYAH DAN KERJA SAMA INH KEDIRI LOBAR DI PONPES MQ



Lima tahun silam, pondok pesantren Madrasatul Qur’aniyah diresmikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, K.H. Muhammad Zainul Majdi sebagai sebuah lembaga taffaquh fie al-Dien. Sejak dioperasionalkannya lembaga tersebut, keberadaan pondok pesantren yang dimotori oleh TGH. Mujtahidin Abdullah, Lc, M. Ag kini memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat. Tiga lembaga sebagai pembuka awal pendidikan yang digarap yaitu, Raudlatul Athfal, Madrasah Ibdtida’iah dan Madrasah Tsanawiyah.  
Lima tahun perjalanan pondok pesantren sebagai lembaga yang resmi dan diakui dengan tiga lembaga yang dimiliki, pondok pesantren pimpinan alumnus Gontor dan al-Azhar ini seolah tidak puas dengan output atau usia pendidikan anak yang hanya lulusan Madrasah Tsanawiah atau setaraf SMP. Dengan kata lain, lulusan atau siswa-siswi lulusan Madrasah Tsanawiyah boleh dikatakan belum cukup untuk terjun langsung ke masyarakat. Terlebih dengan perkembangan arus zaman sekarang yang menuntut sumber daya manusia untuk mampu bersaing di segala bidang.
Dengan memperhatikan kondisi lapangan di masyarakat dan untuk lebih memantapkan sumber daya manusia yang ada, pimpinan Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah, TGH. Mujtahidin segera mengambil langkah untuk membentuk dan membuka madrasah lanjutan, yaitu Madrasah Aliyah. Untuk membahas lebih jauh persiapan pembentukan Tim dan lain sebagainya, H. Mujtahidin segera merapatkan barisan semua perangkat Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah.
Untuk Kelas baru, yaitu Madrasah Aliyah kita sudah memiliki konsep yang matang. Setelah membentuk panitia, kita akan langsung ection, demikian urai H. Mujtahidin saat memberikan sambutan rapat di pondok pesantren. Dan saya rasa, sudah saatnya kita untuk memiliki kualitas dan sumber daya yang mampu bersaing untuk menyongsong era global, begitu lanjut pimpinan.
Menariknya, disamping akan membuka lembaga baru seperti Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah juga tengah bekerja sama untuk mendirikan kelas kuliah. Kerja sama Kelas Kuliah dengan Institut Nurul Hakim Kediri Lombok Barat. Dari semua jurusan yang ada, pondok pesantren akan memfasilitasi siapa saja yang ingin melanjutkan studi mereka ke jenjang Sarjana atau Strata 1.
Tidak ada lain maksud pendirian lembaga dan kerja sama di Pondok Pesantren Madrasatul Quraniyah yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia yang memadai, mampu bersaing di era sekarang dan yang paling penting adalah mempersiapkan kader-kader untuk masa depan yang lebih baik.