Rabu, 04 Maret 2015

BATU LAYAR KERJA BHAKTI MENYONGSONG MTQ XXVI LOBAR

Kerumunan orang yang ada di gambar ini adalah kumpulan dari Dinasi Nivo dan semua instansi yang ada di wilayah Kecamatan Batu layar. Mereka berkumpul untuk melakukan kerja bhakti di Arena Utama lokasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat. Lokasi Arena utama dimana lokasi gotong royong dilaksanakan adalah tepatnya di eks Sasaka Beach yang terletak di Dusun Montong Desa Meninting Kecamatan Batu Layar.
Semua instansi yang ada di wilayah Kecamatan Batu Layar dikomandoi langsung oleh Camat Batu Layar, Suparlan, S. Sos. Tujuan dilakukannya gotong royong ini adalah untuk membersihkan lokasi arena utama pelaksanaan musabaqah yang melibatkan sepuluh Kecamatan di Lombok Barat.
Untuk kebersihan dan kenyamanan peserta yang akan bertarung nanti pada event tahunan yang penuh gengsi ini, setidaknya lokasi atau arena harus tetap steril, demikian urai Sekcam Batu Layar, Pramubinawan. Untuk membantu kelancaran gotong royong, alat berat dari Kabupaten Lombok Barat pun diturunkan.
Kegiatan gotong royong lokasi yang akan dijadikan arena utama ajang Seni Baca al-Qur’an ini semakin ramai dengan kehadiran 350 (Tiga ratus lima puluh) mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Nahdhatul Wathan Mataram yang ikut mengambil peran.
Sebagai permakluman, kontes seni baca al-Qur’an ini akan mulai dibuka dengan Pawai Taaruf Kafilah pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2015. Pawai Taaruf akan dilaksanakan mulai dari arah selatan, tepannya di Dusun Presak Desa Meninting ke Utara sekitar 700 meter ke arah Dusun Montong Buwuh Desa Meninting Kecamatan Batu Layar.
Setidaknya terdapat 5 (lima) lokasi yang akan dijadikan tempat lomba. Masjid Nurussyuhada Dusun Montong, Masjid At-Taqwa Pelempat, SMK Batu Layar, SMPN 1 Batu Layard an Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batu Layar.
Sama halnya dengan lokasi pemondokan para kafilah, Tim Kesehatan Kabupaten Lombok Barat tengah melakukan koordinasi dan pengecekan kelayakan lokasi penginapan yang akan ditempati oleh para kontestan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat.
Bisa dipastikan Batu Layar yang dipercayakan sebagai tuan rumah bergengsi ini sudah 95% siap untuk menggemakan Batu Layar dengan alunan-alunan merdu qori’ dan qori’ah yang tersebar di seluruh Kabupaten Lombok barat.