Rabu, 11 Maret 2015

PERNAK-PERNIK PELAKSANAAN MTQ XXVI TINGKAT KABUPATEN DI BATU LAYAR

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat di Kecamatan Batu Layar tinggal menghitung hari. Segala bentuk persiapan guna menyambut MTQ, dari tingkat Kabupaten dan Kecamatan Batu Layar terutama selaku Tuan Rumah sudah dipersiapkan dengan matang. Camat Batu Layar, Suparlan, S. Sos, didampingi Kasi Kesejahteraan Sosial dan Staf langsung turun ke lapangan guna mengecek perlengkapan yang diperlukan guna mendukung pelaksanaan Musabaqah.
Lokasi dan kondisi Pemondokan para Kafilah yang akan dijadikan tempat penginapan para peserta pun tak luput dari pengawasan Camat. Dari Dusun yang paling dekat dengan lokasi arena, Camat yang didampingi Staf ini memasuki satu per satu rumah yang akan dijadikan pemondokan. Disamping menemui dan berdialog dengan pemilik rumah, Camat Batu Layar sangat terkesan dengan keramahtamaan mereka yang rumahnya ketempatan sebagai lokasi penginapan para kafilah.
Penyisiran rumah yang akan dijadikan lokasi pemondokan kafilah pun telah mendapat persetujuan dan survey dari Tim Kabupaten, termasuk Dinas Kesehatan yang memberikan kelayakan rumah yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal selama Musabaqah bergulir. Terhitung 18 rumah warga yang akan ditempati oleh sepuluh Kecamatan selama pelaksanaan acara MTQ. Dari 18 rumah yang dimiliki warga yang akan dihuni oleh sepuluh kafilah, termasuk di dalamnya dihuni oleh para dewan hakam yang akan menilai semua mata lomba MTQ.
Menurut hasil servey Tim Kecamatan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, rumah yang akan dijadikan penginapan kafilah memiliki kapasitas penampungan yang sangat bervariasi. Dari kisaran 15 orang bahkan 60 orang dalam satu rumah. Termasuk kelayakan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu yang dimiliki oleh masing-masing rumah telah mendapatkan label layak dari tingkat Kabupaten untuk dijadikan tempat pemondokan para kontestan.
Terkait dengan pelayanan konsumsi peserta selama event, pihak pemilik rumah dan pemerintah sudah menandatangani nota kesepahaman. Pelayanan seperti makan dan minum para kafilah, kopi dan snack sudah disiapkan dan diratakan. Semua menu makanan, dari jam dan hari sudah memiliki kententuan. Misalnya pagi sarapan dengan lauk ikan, siang dengan tahu, semua kafilah rata agar tidak ada kecemburuan antara yang satu dengan yang lain, demikian sedikit hasil dialog Camat Batu Layar dengan salah seorang pemilik rumah di Dusun Karang Telage Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar.
Musabaqah tepat akan dimulai dengan Pawai Taaruf pada hari Sabtu, 14 Maret 2015. Harapan kita, semoga keamanan dan kenyamanan khususnya bagi para kafilah dapat memuaskan. Dan yang paling penting adalah bahwa kegiatan Musabaqah merupakan salah satu kegiatan yang harus mendapatkan dukungan dari semua pihak untuk kesuksesan dan kelancarannya.