Jumat, 13 Maret 2015

H-1 MTQ XXVI BATU LAYAR GELAR SENAM MASAL

Terhitung sejak tanggal 14 sampai dengan 19 Maret 2015 Batu Layar akan menggema dengan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an oleh para qori’ dan qori’ah terbaik lingkup pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Meski kali pertama Batu Layar didaulat menjadi Tuan Rumah penyelenggara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), suasana islami dari ujung selatan perbatasan Kota Mataram dan Lombok Barat semakin terasa. Pasalnya, dari Dusun Kongok Desa Meninting Kecamatan Batu Layar, yang merupakan gardu pandang Lombok Barat sudah dipatok sebagai penempatan Kafilah musabaqah yang akan mulai berlaga pada tanggal 14 besok.
Suasana penyambutan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVI Tingkat Kabupaten Lombok Barat di Batu Layar ini, Jum’at sekitar pukul 08:00 sampai dengan 10.00, tepatnya di Arena Utama Lomba sudah dikerumuni oleh masyarakat untuk senam masal. Semua Dinas, instansi, masyarakat yang ada di wilayah Batu Layar tertuju di arena utama guna mengikuti oleh raga yang dipandu oleh lima instruktur senam. Dari murid TK sampai masyarakat untuk terlihat ceria dengan alunan music senam yang disuguhkan. Suasana keramaian ini ditambah dengan 350 (Tiga ratus lima puluh) mahasiswa dan mahasiswi KKN asal Universitas Nahdlatul Wathan Mataram yang menambah suasana hiruk-pikuk keramaian senam di Eks Sasaka.
Pagelaran Senam ini memperlihatkan jalinan koordinasi antara pemerintah Kecamatan dengan semua instansi diwilayahinya. Kekompakan antara birokrasi pemerintah dengan masyarakat dapat dilihat pada mereka yang turut berpartisipasi guna menyukseskan pelaksanaan event tahunan di Lombok Barat. Persiapan demi persiapan terlihat matang menyambut para qori’ hufaz, dan seni-seni dalam bidang keislaman lainnya.
Nampak suasana keramaian di eks Sasaka Beach yang berlokasi tepat di Dusun Montong Desa Meninting Kecamatan Batu Layar. Lalu lintas dan pengguna jalan yang melintasi jalur Senggigi-Mataram tertuju pandangan mereka ke panggung megah aren utama Musabaqah Tilawatil Qur’an XXVI.
Untuk pengamanan, kesehatan, dan lain-lain, dari pihak Kabupaten Lombok Barat dan Kecamatan pun telah siap siaga untuk mengawasi selama event digelar. Meskipun demikian, arus lalu lintas untuk jalur Senggigi-Mataram tidak terganggu alias normal. Rencananya, Pawai Ta’aruf Kafilah akan dimulai sekitar pukul 14.00 dari arah Selatan di Dusun Presak menuju arah Utara lokasi Utama Pagelaran Musabaqah.