Sabtu, 21 Februari 2015

BATU LAYAR TUAN RUMAH PENYELENGGARAAN MTQ XXVI 2015 KABUPATEN LOMBOK BARAT

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXVI Tahun 2015 Kabupaten Lombok Barat yang rencananya akan digelar pada bulan Maret mendatang, Kecamatan Batu Layar untuk kali pertama ditunjuk sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan kompetisi bergengsi tersebut. Dari sepuluh Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, tak terkecuali Batu Layar tengah disibukkan dengan penjaringan calon peserta yang akan mewakili masing-masing Kecamatan.
Saat ini Tim dari Kecamatan Batu Layar bekerja sama dengan berbagai instansi terkait semakin pro aktif guna mensukseskan acara yang dipusatkan di Desa Meninting Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. Dari berbagai cabang lomba seperti tilawah, hifz al-Qur’an, tafsir tiga bahasa, fahm al-Qur’an, syarh al-Qur’an, khat, dan lainnya, panitia dari Kecamatan Batu Layar tengah melakukan penyisiran untuk masing-masing peserta dari cabang lomba.
H. Mujtahidin, MA, Cs, yang diplot sebagai Ketua di Kecamatan Batu Layar mengatakan bahwa setidaknya event kali ini Batu Layar diharapan menjadi yang terbaik, tentunya dari semua cabang lomba yang akan dipertandingkan. Lebih lanjut, beliau mengatakan jika para peserta diprioritaskan berasal dari wilayah Batu Layar atau putra-puteri Batu Layar. Jika melihat sumber daya yang dimiliki, Kecamatan Batu Layar, dari berbagai cabang lomba memiliki peserta yang sangat komplit termasuk di dalamnya Hakam yang akan menjadi pengadil di lapangan banyak berasal dari wilayah Batu Layar, begitu urai H. Mujtahidin saat diskusi pendataan Calon peserta.
Penjaringan peserta akan terus digencarkan oleh para Tim yang pada tahap selanjutkan akan dilakukan TC. TC dari semua ajang lomba yang dipertandingkan dipusatkan di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batu Layar. Harapan yang disampaikan Ketua Panitia untuk Kafilah Kecamatan Batu Layar adalah jika pun tidak menjadi juara umum, namun kita akan meraih point yang memuaskan.
Diskusi sekaligus Pendataan Calon Peserta Cabang Lomba Musabaqah Tingkat Kabupaten Lombok Barat untuk Kecamatan Batu Layar kemarin yang dilakukan di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah tersebut dihadiri oleh Ust. H. Sudiharji, mantan Qari Nasional yang juga berasal dari wilayah Batu Layar. H. Sudiharji merupakan salah satu pembina cabang Tilawah yang pernah mengharumkan nama Lombok Barat, bahkan Nusa Tenggara Barat di tingkat Nasional.