Minggu, 30 Maret 2014

1300 PRAMUKA MELAKUKAN SUSUR PANTAI

Dari tahun ke tahun berbagai kegiatan dan program dilaksanakan untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-56 Kabupaten Lombok Barat. Di Kecamatan Batulayar misalnya, dalam skala besar, kegiatan yang telah dilakukan antara lain Bazar Siaga. Bazar Siaga ini merupakan kegiatan yang digelar oleh Pramuka. Selain Bazar Siaga, Pramuka juga mengadakan Lomba Susur Pantai Wisata. Menariknya, Lomba Susur Pantai Wisata ini melibatkan Pramuka Se-Pulau Lombok. Dari tingkatan Sekolah Dasar, SMP/ MTs/ dan SMA/sederajat ikut meramaikan kegiatan untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten yang dimotori oleh Zaini Arony.
Lomba Pramuka kali ini difokuskan di Kecamatan Batulayar dengan Rute Pantai Depan Hotel Jayakarta dan finish di Pantai Kerandangan. Anak-anak Pramuka yang Lomba Susur Pantai ini dijadwalkan selama dua hari terhitung sejak Sabtu tanggal 29 Maret 2014 dan berakhir pada Minggu 30 Maret. Pada hari Sabtu, anak-anak Pramuka ini mengisi aktifitas dengan kemah yang dirangkai dengan kegiatan-kegiatan lain pada malam harinya. Kemudian, Minggu baru dilaksanakan Lomba Susur Pantai. Lomba Susur Pantai ini dibarengi dengan pembersihan daerah pantai dan sekitarnya mulai dari Depan Hotel Jayakarta menuju Pantai Kerandangan.
Di Depan Hotel Jayakarta, sebanyak 900 Pramuka dilepas resmi oleh Bupati Lombok Barat, Dr. Zaini Arony. 400 anggota Pramuka dari Kabupaten Lombok Utara pun akan bergabung dalam rangka menyemarakkan kegiatan HUT ke-56 Tahun Kabupaten Lombok Barat. Total anggota Pramuka dari semua tingkatan yang ikut Lomba Susur Pantai ini mencapai 1300 (seribu tiga ratus) anggota manusia berseragam cokelat lengkap.
Zaini Arony dalam sambutannya mengatakan Program-program seperti Pramuka ini harus tetap didukung penuh oleh semua lapisan. Pramuka mengajarkan bagaimana mencintai, melestarikan alam sekitar, kebersamaan, dan bahkan mencintai sesama, demikian ujar Bupati Lombok Barat saat melakukan pelepasan. Lebih lanjut Bupati Lombok Barat tersebut menyebutkan beberapa Prestasi yang pernah diraih oleh Lombok Barat pada tingkat Nasional di berbagai event dan kegiatan.
Selain Bupati sebagai MABICAB, hadir juga Kwarnas, Kwarda NTB, Lombok Barat, dan semua jajaran Pemerintah untuk menghadiri acara Pelepasan Lomba Susur Pantai yang diprogramkan oleh Pramuka.