Selasa, 16 Juli 2013

SAFARI RAMADHAN KADES BATULAYAR BAHAS KONFLIK BLSM

Safari Ramadhan merupakan salah satu media komunikasi-silaturrahmi yang biasa dilakukan oleh para pemerintah. Momentum Safari Ramadhan kerap dijadikan sebagai ajang tatap muka langsung antara pemerintah dengan masyarakat. Tiap datang Bulan Puasa, Safari Ramadhan menjadi agenda yang tak terlupakan. Pemerintah mengkhususkan waktu dalam Safari Ramadhan untuk dapat bertemu langsung dengan lapisan masyarkat. Safari Ramadhan sudah menjadi agenda nasional dan kegiatan pemerintah, pemerintah pusat hingga pemerintah daerah.
Malam Safari Ramadhan menjadi ajang komunikasi pemerintah untuk memaparkan semua program yang belum, sedang dan bahkan yang telah direalisasikan, pembangunan misalnya. Pemerintah Desa Batulayar mengunjungi masyarakat Dusun Teloke Tengak untuk dijadikan sasaran Safari Ramadhan. Sesuai dengan komitmen saya, setelah terpilih menjadi Kepala Desa di Batulayar kami akan tetap melakukan safari ramadhan untuk bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat setempat. Target kami semua dusun akan kami kunjungi untuk safari ramadhan, begitu ujar Kepala Desa Batulayar, H. M. Nur Taufiq saat memberikan sambutan kepada masyarakat.
Dalam kunjungannya kali ini, Kepala Desa Batulayar memaparkan system pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang terkesan masih tidak merata. Taufiq memaklumkan bahwa jika ada masyarakat yang tidak mendapatkan jatah Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), bukan berarti keinginan pemerintah Desa. Data tersebut berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang langsung mendata kondisi warga. BPS langsung mendata, tanpa ada konfirmasi dari Kepala Desa, Kepala Dusun, bahkan RT. Data yang digunakan untuk mendapatkan warga masyarakat miskin merupakan data tahun 2010, untuk demikian jangan heran jika ada warga meskipun telah meninggal namun namanya masih tercantum dalam data penerimaan BLSM, demikian cerita Kepala Desa di Masjid Baitul Aman Dusun Teloke Tengak Desa Batulayar.
Dalam momentum Safari Ramadhan sebagaimana biasanya dirangkaikan dengan ceramah agama terkait dengan puasa. Panitia telah menunjuk Ustadz Sayuti untuk memberikan tausiyah ramadhan kepada warga yang hadir. Dalam kesempatan tersebut hadir Tokoh Agama, Pemuda, Kepala Dusun, serta masyarakat.