Rabu, 03 Juli 2013

ANIMO SISWA MASUK SMK PARIWISATA

Kepala SMK Pariwisata Batulayar
Animo anak untuk memasuki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata di Batulayar tergolong tinggi. Kini siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata Batulayar tengah melakukan Masa Orientasi Sekolah (MOS). Tak tanggung-tanggung peminat sekolah ini untuk kelas baru saja mendapatkan 203 (Dua ratus tiga) siswa. Kendala di sekolah ini masih terkait dengan sarana dan prasarana, demikian ungkap Kepala SMK Pariwisata Batulayar, Burhanudin.
Terdapat 3 (tiga) jurusan yang bisa diambil di sekolah yang terletak di Desa Meninting Kecamatan Batulayar tersebut. Tiga jurusan tersebut terbagi dalam bidang; Tata Boga, Akomodasi Perhotelan, dan Bidang Biro Perjalanan Wisata. Dan sekolah ini telah menjalin hubungan dengan hotel-hotel besar di kawasan Batulayar untuk memagangkan siswa-siswanya.
Output dari Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata ini sudah terlihat. Dikatakan oleh Kepala Sekolah bahwa untuk lulusan tahun 2012 saja, terhitung sudah 10 (Sepuluh) siswa telah mendapatkan pekerjaan tetap, tentunya di bidang perhotelan. Kondisi ini ditunjang dengan keberadaan serta kemajuan pariwisata di Batulayar dan sekitarnya.
Siswa baru yang tengah digodok dengan orientasi sekolah kali ini tidak berbeda dengan siswa-siswi tahun sebelumnya. Artinya, system dan pelaksanaan MOS tidak berubah. Mereka akan menjalani Masa Orientasi Sekolah (MOS) selama tiga hari, sejak pagi hingga sore hari. Adapun dengan materi MOS, untuk tahap pertama masih masih berkisar pada pengenalan lingkungan sekolah, peraturan, etika, agama, dan materi-materi MOS pada umumnya.
Tiga jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata ini telah menjalin kerja sama dengan Travel-travel se-Nusa Tenggara Barat. Tercatat 203 siswa baru di SMK Pariwisata. Menurut keterangan Kepala Sekolah siswa tersebut akan terbagi menjadi 7 (Tujuh) kelas, untuk tiap-tiap kelas terdiri dari 35 (Tiga puluh lima) siswa.
Menariknya, di SMK Pariwisata Batulayar ini langsung terkoneksi dengan sejumlah hotel-hotel ternama di kawasan Batulayar. Dalam waktu dekat ini, ada 3 siswa yang akan diberangkatkan ke luar negeri untuk magang. Melihat data di atas, masa depan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata di Batulayar terhitung menjanjikan.