Selasa, 02 Juli 2013

RAPAT PERSIAPAN AKREDITASI MADRASAH

Memasuki Tahun Pelajaran baru Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah kembali menggelar rapat. Pertemuan seperti ini memang sering digelar, tentunya dengan membahas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Madrasah. Tujuan kita berkumpul di sini tidak lain untuk membahas kelangsungan pendidikan di madrasah, demikian ujar Kepala Madrasah Madrasatul Qur’aniyah, M. Habibi, S. Pd. I  di hadapan para dewan guru. 
Meski demikian, rapat kali ini materi kita tidak hanya sekedar kegiatan sekolah melainkan juga persiapan untuk melakukan Akreditasi. Persiapan Akreditasi ini harus dipersiapkan dari sekarang sehubungan dengan kita telah mempunyai lulusan. Persiapan Akreditasi ini akan mendapat bimbingan dari Dosen-dosen Universitas Mataram (UNRAM), Dosen IAIN dan Dinas Dikpora Provinsi.
Masing-masing guru akan mendapatkan Mentor dari tenaga-tenaga pendidik yang telah berpengalaman, demikian sambutan Kepala Madrasah.
Kepala Madrasah juga menjelaskan bahwa pada pembinaan persiapan program Akreditasi ini akan mendapatkan Dana Hibah sebesar 10 ribu Dolar Australia, yang kalau sekarang kita rupiahkan akan menembus angka Rp. 90 juta rupiah. System pencairan dana melalui tiga termin atau tahapan. Dana ini merupakan support untuk melakukan Akreditasi dan di Nusa Tenggara Barat (NTB) Madrasah kita InsyaAllah akan diprioritaskan karena berada di urutan pertama, begitu keterangan Bapak tiga anak ini.
Untuk persiapan Akreditasi kita telah membentuk Tim untuk melakukan Rencana Kegiatan Madrasah (RKM). Penyusunan RKM tentu melibatkan semua guru yang ada di sekolah, dengan demikian memudahkan kita untuk melakukan koordinasi. Persiapan Akreditasi ini akan berlangsung selama 6 (enam) bulan dengan didampingi para mentor dari UNRAM dan IAIN. Melihat pentingnya program ini diharapkan kepada kita semua untuk rajin, terutama untuk mempersiapkan bahan-bahan atau perangkat pembelajaran, ujar suami dari Zinnur Aini tersebut.