Selasa, 05 Februari 2013

PUSKESMAS MENINTING BATULAYAR MEMPRIHATINKAN


Akmal (Kepala Puskesmas Meninting-Batulayar)

Kesehatan merupakan hal yang sangat didambakan oleh setiap orang. Semua orang membutuhkan kesehatan. Bisa dibayangkan jika badan atau tubuh lemah atau kurang sehat, aktivitas menjadi terganggu. By the way, bila membicarakan tentang kesehatan, biasanya orang akan merujuk ke dokter atau klinik. Yang cepat dan mudah dijangkau oleh masyarakat biasanya adalah Puskesmas. Bila mengalami gangguan pada badan, Puskesmas menjadi target utama, utamanya jika berhubungan dengan masalah medis.  

Bagi masyarakat Batulayar dan sekitarnya, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Meninting sering dijadikan sebagai target utama dalam pelayanan kesehatan. Sebagai lembaga yang bertugas memberikan kesehatan kepada masyarakat, tentunya kondisi tempat pelayanan kesehatan semisal Puskesmas perlu mendapatkan perhatian lebih.
Akmal selaku Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Meninting Kecamatan Batulayar mengakui jika kondisi lembaga yang dipimpinnya sangat memprihatinkan. Sudah tidak layak lagi, mengingat warga yang mengerumuni atau mendatangi Puskesmas tidak pernah sepi, demikian pengakuan Akmal.
Akmal menambahkan jika ada program pemerintah untuk renovasi Puskesmas telah diwacanakan namun hingga sekarang belum ada kepastian. Kondisi Puskesmas yang demikian ini akan berimplikasi pada tidak maksimalnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jangan heran jika pelayanan di sini kurang memuaskan, ini semua karena kondisi Puskesmas, begitu ungkap Akmal di Kantornya.
Kritikan akan sudah tidak layaknya kondisi Puskesmas Meninting Kecamatan Batulayar tidak hanya datang dari pihak dalam seperti pengakuan Kepala Puskesmas sendiri, namun juga kritikan datang dari salah seorang peneliti Kesehatan asal luar negeri. Maria, salah satu Tim Peneliti Kesehatan asal Norwegia juga mengungkapkan hal yang senada dengan Kepala Puskesmas Meninting. Puskesmas merupakan hal yang sangat vital dan perlu mendapatkan perhatian lebih, jika kondisinya tetap seperti ini, akan berimbas pada kurang maksimalnya kesehatan, kondisi Puskesmas seperti ini sangat buruk, ungkap Maria saat meninjau kondisi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Meninting-Batulayar.
Memang jika dibandingkan dengan Puskesmas lain seperti Puskesmas Gunungsari misalnya, kondisi Puskesmas Batulayar masih kurang, tata ruang yang sempit, skat-skat ruangan yang masih terlihat tidak rapi menambah kurang menariknya pemandangan. Semoga pemerintah cepat merespon kondisi tersebut.