Jumat, 08 Februari 2013

PELATIHAN JURNALISTIK SISWA-SISWI PONPES ISHLAHUL MUSLIMIN



Pengetahuan akan pentingnya dunia teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan sekolah makin digalakkan. Kali ini, gabungan mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata Universitas Mataram (KKN-UNRAM) yang bertugas di Desa Senteluk menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk siswa-siswi Madrasah Tsnawiyah dan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Senteluk Kecamatan Batulayar. Dimulai sejak pukul 08.30 Wita, siswa-siswi madrasah terlihat sangat antusias mendengarkan penjelasan dari mahasiswa selaku penyelenggara kegiatan. Didampingi oleh Guru Olah Raga sekolah, kegiatan ini berlangsung seru. Sejumlah mahasiswa-mahasiswi KKN turut meramaikan acara yang digelar hingga pukul 11.00 Wita tersebut.  
Penjelasan seputuar dunia jurnalistik mulai diperkenankan, versi media cetak seperti Koran, majalah hingga media online semisal blog atau web site. Tidak hanya itu, presenter juga menjelaskan seputar dunia tulis-menulis, bagaimana  menulis yang baik di dalam sebuah media.
Jika kita menulis masalah korupsi, kolusi dan nepotisme, mungkin tulisan itu akan mendapat kecaman atau intimidasi dari para pejabat, tapi itu tidak masalah karena ada kebebasan pers untuk memuat berita-berita actualdemikian ungkapan salah satu mahasiswa yang memberikan penjelasan kepada adik-adik siswa.
Penjelasan dunia jurnalis diwarnai pertanyaan-pertanyaan dari siswa-siswi yang hadir seputar dunia jurnalis atau wartawan. Setelah selesai sesi dialog, siswa-siswi diberikan door prize oleh mahasiswa dan foto bersama. Dan program pelatihan menjadi jurnalis merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Desa Senteluk Batulayar.
Semoga dengan adanya pelatihan tersebut membangkitkan minat dan menjadi modal khususnya para pelajar untuk mengetahui perkembangan media selanjutnya. Senang rasanya mendapatkan pelatihan seperti ini, komentar Linda Wardani, salah seorang siswi yang mengikuti pelatihan.