Sabtu, 14 Juli 2012

SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH


Sosialisasi Penanggulangan Bencana kembali diadakan di wilayah Batulayar. Sosialisasi yang dihadiri oleh Muspika, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Kepala Desa se-Kecamatan Batulayar tersebut digelar di Warung Rembulan Desa Persiapan Batulayar Barat. Mengawali sambutannya, Camat Batulayar, Drs. Mujitahidin menjelaskan beberapa hal; pembangunan rumah yang tidak membuat atau memperkecil drainase yang dapat mengkibatkan banjir, akan memonitoring dan koordinasi dengan sejumlah pengembang (deplover) sekitar wilayah Batulayar terkait dengan pembangunan, perumahan maupun hotel, begitu penjelasan Mujitahidin kepada peserta yang hadir.
Lebih lanjut, Camat Batulayar memberikan penjelasan terkait dengan akan dibangunnya jembatan, saluran irigasi mulai dari Meninting hingga Senggigi.
Sementara dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat, H. Muridun selaku kepala Dinas mengatakan fungsi dari BPBD antara lain;
1.       Koordinasi; mengkoordinasikan semua bentuk kegiatan dengan semua unsure SKPD
2.       Komando; memberikan arahan kepada seluruh SKPD; Polisi dan TNI terhadap penyelenggaraan penanggulangan bencana daerah
3.       Pelaksana; melaksanakan kegiatan fisik yang melanda suatu daerah dan bekerjasama dengan masyarakat.
Sosialisasi merupakan salah satu bentuk pencegahan preventif terhadap bencana yang tidak terduga datangnya. Disamping itu simulasi menjadi bagian penting terkait dengan teknis penyelamatan, pemasangan plank-plank di tempat rawan bencana, serta penyusunan Perda oleh kepala daerah.