Senin, 09 Juli 2012

MENJELANG PEMILUKADA 2013


Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Bagi Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Lombok Barat dalam rangka menyongsong Pemilihan Umum Kepala Daerah (PEMILUKADA) Lombok Barat Tahun 2013 dimulai di Kecamatan Batulayar. Mengingat waktu pemilihan yang kian mendekat, panitia pemilihan umum Kabupaten dan Provinsi terjun ke lapangan untuk memberikan materi kepada masyarakat. Dalam sambutannya sebagai penyaji, Suhaimi Syamsuri, M. Si mengatakan bahwa angka partisipasi pemilihan untuk wilayah Lombok Barat melebihi angka standar nasional dengan capaian 70-90 %.  Pada sosialisasi ini pun Syamsuri mengatakan selama ini tidak ada permasalahan, namun dipermasalahkan oleh berbagai calon, baik Eksekutif maupun Legislatif.
Sementara Ketua Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Propinsi NTB, Fauzan Khalid, M. Si menjabarkan hari jatuhnya Pemilihan Umum, yaitu pada tanggal 13 Mei 2013 untuk putaran pertama, dan disusul pada tanggal 22 Juli 2013 untuk putaran kedua. Lebih jauh Khalid menjabarkan bahwa khusus untuk pemilihan Bupati belum ada ketentuan yang pasti, namun diperkirakan waktunya berkisar pada bulan November 2013, begitu penjelasan Ketua KPUD Propinsi NTB kepada peserta yang hadir. Khalid juga merincikan runutan pemilihan umum untuk pemilihan calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), serta DPD yang pelaksanaannya dijadwalkan pada tanggal 9 April 2013.
Sosialisasi yang dimulai sejak pukul 09.30 tersebut dihadiri oleh beberapa unsure lingkup pemerintah, Propinsi, Kabupaten, Perangkat Desa hingga tokoh-tokoh agama dan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Agenda pada sosialisasi tersebut tidak terlalu padat yang mengakibatkan minimnya kendala di sela-sela diskusi. Pertanyaan yang dilontarkan Kepala Desa Meninting terkait tidak adanya honorarium bagi Kepala Desa pada saat Pemilihan Umum Kepala Daerah pun dijawab tuntas oleh penyaji dan sekaligus menutup acara sekitar pukul 11.40.