Kamis, 19 Juli 2012

DUA DESA KECAMATAN BATULAYAR MELAKSANAKAN PILKADES; DUA JUNAIDI TAMPIL SEBAGAI PEMENANG


Calon Kades Bengkaung
Dua Desa yang baru dimekarkan di Kecamatan Batulayar, Desa Bengkaung dan Desa Pusuk Lestari masing-masing telah menentukan calon pemimpin mereka 5 (lima) tahun ke depan. Kemarin, Rabu, 18 Juli 2012, kedua Desa hasil pemekaran tersebut melaksanakan Pemilihan Kepala Desa dalam waktu yang bersamaan. Desa Bengkaung yang terdiri dari 7 (tujuh) Dusun; Bengkaung Lauq, Bengkaung Daye, Bengkaung Tengah, Bunean, Seraye, Pelolat serta Dusun Bunut Boyot. Pada pemilihan tersebut, Desa Bengkaung memiliki 3 calon yang diunggulkan; Muksin, H. Munawir, serta H. Ahmad Junaedy. Calon Kepala Desa atas nama H. Ahmad Junaedy unggul dari pesaingnya dengan perolehan 801 (delapan ratus satu) suara, disusul calon nomor urut 1 di urutan kedua, Muksin dengan perolehan 524 suara, sementara H. Munawir calon dengan nomor urut 2 harus puas diposisi terakhir dengan mendapatkan 385 suara.
Dari 2350 (Dua ribu tiga ratus lima puluh) Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Bengkaung, hanya 1983 (Seribu Sembilan ratus delapan puluh tiga) yang memberikan suara, ditambah dengan 273 (Dua ratus tujuh puluh tiga) suara batal.
Suatu hal yang menarik dari Panitia Pemilihan Kepala Desa Bengkaung, yaitu masing-masing anggota PPS harus menggunakan baju adat saat pemilihan. Ini merupakan aturan dari panitia yang telah disepakati bersama, demikian ujar salah satu anggota BPD Desa Bengkaung di TPS 3.
Sementara untuk Desa Pusuk Lestari, terdapat 4 (empat) calon Kepala Desa yang mencalonkan diri sebagai calon pemimpin di Desa hasil pecahan Desa Lembahsari tersebut, antara lain:
1.       Abdurrahman
2.       J u n a i d i
3.       Abdul Basit, S. Pd
4.       Muhammad Saleh
Calon Kades Pusuk Lestari
Dari hasil penghitungan suara untuk Desa Pusuk Lestari Kecamatan Batulayar, nama JUNAIDI tampil sebagai pemenang setelah mengalahkan tiga lawannya. Junaidi yang nota bene penjabat Desa, kembali dipercaya masyarakat Desa Pusuk Lestari untuk memimpin rakyat 5 (lima) tahun ke depan. Kini Desa paling yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Lombok Utara tersebut final menentukan pemimpin mereka. Begitu juga dengan Desa Bengkaung. Namun, ada hal yang menggelitik dalam benak ketika masing-masing Kepala Desa terpilih tampil dengan nama yang berbeda tipis. Desa Bengkaung akan dipimpin oleh H. Junaedy, sedangkan Desa Pusuk Lestari akan diarsiteki oleh Junaidi. Penyebutan nama yang sama dan keduanya merupakan desa hasil pemekaran. Harapan kita, semoga JUNAEDY-JUNAIDI yang dipercayakan oleh rakyat mampu mengemban tugas dengan baik. Dan satu hal yang istimewa, mengawali dan menyambut Bulan Penuh Hikmah (Ramadhan) ini, menjadi kenangan yang tak terlupakan oleh kedua Kades terpilih.