Rabu, 30 Mei 2012

PROGRAM E-KTP TINGGAL MENGHITUNG HARI


Program perekaman atau penerbitan Elektronik KTP (e-KTP) untuk Kabupaten Lombok Barat tinggal menunggu hitungan hari. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari untuk seluruh operator se-Kabupaten Lombok Barat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lombok Barat menjadi signal akan segera diberlakukannya KTP Nasional. Pelatihan yang berlangsung sejak hari Senin-Selasa tersebut menghadirkan 42 Operator KTP yang bertugas di sepuluh kecamatan dan didampingi oleh masing-masing Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan.
Dalam sambutan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lombok Barat mengatakan bahwa pelatihan operator untuk e-KTP ini diharapkan memberikan pengetahuan lebih bagi seluruh operator yang ada di masing-masing Kecamatan. Di samping itu, masing-masing kecamatan akan didampingi oleh  satu orang pemandu yang telah berpengalaman untuk menunjang berjalannya enrollment e-KTP, demikian bagian dari sambutan dari pihak Dukcapil Kabupaten Lombok Barat.
Perekaman e-KTP dijadwalkan akan berlangsung pada pertengahan Juni 2012. Ada beberapa kendala yang menyebabkan semua perekaman tertunda, untuk Kabupaten Lombok Barat misalnya, keterlambatan alat-alat perekam terutama hingga kini belum lengkap. Dari sepuluh Kecamatan yang ada di Lombok Barat, persis Kecamatan Gunungsari yang telah kedatangan alat-alat perekaman.
Selama dua hari pelatihan di SKB Gunungsari, saat tanya jawab antara peserta dengan presenter, masing-masing kecamatan memiliki kendala yang memaksa mereka harus berhati-hati dalam menginput data. Persoalan NIK mendominasi pembicaraan. Sebagaimana dikatakan oleh Kepala Bidang dari Dukcapi, rancaunya NIK dari masing-masing keluarga. Ada orang yang sampai tiga, empat kali membuat Kartu KK, ini kan menjadi dilemma tersendiri ujar pak Kabid kepada seluruh peserta pelatihan.
Pelatihan operator e-KTP ini pun disponsori oleh Konsorsium PNRI, PT. Sandipala Artaputra, Sucofindo, Len dan Quadra. Pengenalan alat-alat rekam, camera, dan teknis pengguna alat yang dijadikan sebagai pelengkap perekaman e-KTP pun disimulasikan oleh penyelenggara kegiatan di lokasi pelatihan.