Kamis, 12 Januari 2012

PUSKESMAS MENINTING; PERLU TINGKATKAN KINERJA


DESA MENINITING: Pelayanan kesehatan secara optimal kepada  masyarakat perlu mendapatkan perhatian pihak terkait, hal ini ditambah dengan kondisi alam yang tidak menentu, terkadang hujan, terkadang panas. Biasanya, dengan kondisi alam seperti ini sering membawa dampak kurang postitif bagi kesehatan, wabah penyakit perlu diwaspadai.
Jika berbicara tentang kesehatan, setiap orang selalu menginginkannya atau setidaknya ingin menghindari penyakit, apapun jenisnya. Kenapa? KARENA SEHAT ITU MAHAL. Kesehatan dirasakan sangat berharga manakala seseorang ditimpa oleh penyakit. Sudah bisa dipastikan bahwa jika mengalami rasa sakit atau mempunyai penyakit, menuntut orang untuk berpikir tentang kesehatannya, mengerutkan kening, bagaimana untuk menjadi sehat kembali.
SEHAT ITU MAHAL. Kalimat ini menjadi cambuk bagi orang yang tak mampu khususnya. Biaya yang dikeluarkan tidak kecil, dari urusan administrasi, hingga resep harus berani  berkorban, artinya tidak ada yang gratis (free). Meskipun demikian, masih ada saja pelayanan yang agak merepotkan pasien, harus menunggu lama untuk mendapat pelayanan dari para petugas kesehatan.  
SEHAT ITU MAHAL. Sehat itu menjadi tak ternilai harganya, apalagi bagi orang yang memiliki tanggung jawab lebih berat misalnya. Kesehatan menjadi segalanya, untuk bisa tetap beraktifitas, mengais rizki dan sebagainya. Namun bagaimana dengan  orang yang diberi tanggung jawab dalam bidang kesehatan? Penilaian dan pikiran sepertinya sama, SEHAT ITU MAHAL, membutuhkan biaya yang besar. Atau mungkinkah bagi orang-orang tersebut menganggap kalimat itu enteng belaka. Lalu, kapan SEHAT ITU MURAH??? (CMIIW).