Jumat, 27 Januari 2012

PENGHIJAUAN DI DESA BENGKAUNG; Sedia Pohon Sebelum Banjir


DESA BENGKAUNG: Kegiatan Bhakti Sosial Penghijauan kerja sama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 Komandan Rayon Militer 162 Wira Bhakti berjalan sesuai dengan yang diagendakan. Sejatinya acara ini digelar pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2012, namun karena kesibukan Bupati Lombok Barat memaksa acara harus mundur hingga hari Jum’at tanggal 27 Januari 2012.
Drs. Mujitahidin selaku Camat Batulayar dalam sambutannya mengatakan bahwa event penting semoga tersalurkan dan menjadi inspirasi bagi anak-cucu kita kelak. Kesadaran akan pentingnya merawat hutan, sebagai ajang antisipasi bencana menjadi sebuah keharusan dan tanggung jawab kita bersama, harus ada kerja sama yang baik berbagai pihak, masyarakat, pemerintah dan aparat agar terjadi harmoni.
Berbicara masalah hutan tidak semata terpokus pada masalah-masalah kayu, namun juga hewan seperti burung dan binatang lainnya yang hidup di hutan. Untuk tahun 2012, kita sudah menanam 59 (lima puluh Sembilan) ribu pohon di wilayah Kabupaten Lombok Barat, untuk tahun 2013 kita akan menarget hingga 100 (seratus) ribu pohon yang sudah tertanam, demikian ungkap Bupati Lombok Barat, Dr. Zaini Aroni dalam sambutannya.
Kegiatan yang didukung juga oleh 4 (empat) Universitas ini memusatkan penghijaun di Desa Bengkaung. Desa hasil pemekaran dari Desa sebelumnya yaitu desa Lembahsari Kecamatan Batulayar secara geografis memang masih banyak memiliki kawasan hutan yang luas dan sebagian masyarakatnya masih tinggal dan hidup di dataran tinggi seperti perbukitan. Reboisasi ini memang sangat penting digalakkan mengingat bencana yang sering terjadi saat ini seperti tanah longsor, badai, banjir dan bencana alam lainnya.
Acara penanaman pohon dipandu langsung oleh Bupati Lombok Barat yang diikuti oleh para tamu undangan lainnya. Nampak dari para tamu undangan yang menghadiri acara didominasi dari pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan jajaran apara militer lainnya lingkup pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Acara yang berakhir sekitar pukul 10.00 pagi tersebut ditutup oleh do’a yang dipimpin oleh salah seorang perwakilan tokoh agama Kecamatan Batulayar, Baharudin, S. Pd.I.