Jumat, 20 Januari 2012

PILKADUS DUSUN ARE MANIS



DESA SANDIK: Pemahaman masyarakat akan makna demokrasi semakin jelas terlihat. Dalam memilih seorang pemimpin, dahulu, untuk masyarakat perkampungan atau pedesaan tidak mengenal system atau istilah demokrasi. Mereka cendrung menerapkan system aklamasi (pernyataan kata setuju) untuk menentukan seorang pimpinan.  Beda dahulu dengan sekarang, dengan perkembangan zaman, teknologi yang canggih menuntut, semua serba instant, namun terkadang menuntut manusia untuk terus memacu diri untuk tidak menjadi terbelakang.
Terlepas dari kata demokrasi di atas, pemilihan Kepala Dusun Are Manis Desa Sandik Kecamatan Batulayar berjalan sesuai dengan yang diagendakan panitia. Dengan wajib pilih sebanyak 471 Panitia PILKADUS Dusun Are Manis berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 15.00 Wita dan menyatakan calon nomor 2 (dua) sebagai pemenang. Dengan demikian calon nomor urut 2 atas nama DAMSYIAH berhak membimbing dan bertanggung jawab di wilayah Are Manis Desa Sandik Kecamatan Batulayar. Damsyiah menggungguli dua pesaingnya dalam perolehan suara dengan perolehan 279 suara.  Untuk lebih jelasnya daftar perolehan suara masing-masing calon dapat dilihat dibawah ini:
NO
NAMA CALON
PEROLEHAN SUARA
KETERANGAN
1
2
3
4
1
M U K M I N
40 SUARA

2
D A M S Y I A H
279 SUARA

3
H U D A E R I
26 SUARA


Doni selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa pemilihan Kepala Dusun ini diselenggarakan berkenaan dengan adanya kevakuman pemimpin (Kepala Dusun) kurang lebih selama 6 (enam) bulan sejak Kepala Dusun sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya. Melihat keadaan tersebut pemuda mengambil inisiatif untuk membentuk panitia dengan menjaring Balon Kepala Dusun. Hingga waktu yang telah ditentukan, hanya tiga orang yang ikut berpartisipasi.
Harapan kita siapa pun yang terpilih atau menang mari kita menghormati dan menghargai. Untuk yang menang jangan terlalu membusungkan dada, begitu pula bagi yang kalah jangan sampai apriori. Semoga Damsyiah mampu mengemban amanah yang dipercayakan khususnya bagi masyarakat Dusun Are Manis.