Kamis, 29 Desember 2011

RENOVASI KANTOR


DESA BATULAYAR: Belum genap satu tahun menjabat sebagai Kepala Desa terlihat  sedikit ada perubahan oleh H.M. Nur Taufiq selaku Kepala Desa Batulayar. Sejak dinyatakan terpilih sebagai Kepala Desa pada Januari lalu dengan pesaing lainnya, pada akhir tahun 2011 ini Taufiq membenahi tempat kerjanya. Tahun Baru, Kantor pun ikut baru, sepertinya kalimat itu yang terlintas di benak Kepala Desa mungil itu. Namun ada opsi yang paling tepat, pembenahan dilakukan mengingat kondisi kantor yang sudah tidak lagi layak pakai. Kondisi kantor yang sangat memprihatinkan memaksa Kepala Desa untuk berpikir ekstra.
Renovasi kantor dilakukan dengan menggunakan dana Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap II. Dana yang kita gunakan untuk renovasi kantor ini sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah), begitu urai taufiq. Meskipun melakukan renovasi kegiatan pelayanan kepada masyarakat tetap normal seperti biasa dan dipusatkan di Aula Desa. Sambil menunggu pekerjaan selesai, perangkat desa menggunakan aula sebagai tempat beraktifitas. Ini renovasi pertama kali dilakukan sejak pembangunan kantor, memang kondisinya sudah tidak memungkinkan, kalau musim hujan banyak bagian atau ruang kerja yang bocor. Sudah berapa orang yang menjabat sebagai Kepala Desa tidak pernah diperbaiki, dan dana sebesar 15 juta tersebut tentu tidak cukup, untuk instalasi listrik saja kita disumbang dari Vlok, begitu sambung bapak satu anak ini. Tidak ada ketentuan batas waktu selesai pengerjaan. Dengan kata lain, perangkat desa harus menunggu hingga pekerjaan tukang selesai untuk bekerja di tempat yang lebih nyaman dan aman.
Pada gambar di atas nampak yang paling banyak direnovasi adalah bagian atap kantor yang sudah tidak kuat dan rusak. Semoga tidak ada aral yang melintang guna mempercepat proses pekerjaan.