Kamis, 01 Desember 2011

Rapat Persiapan Semester Ganjil MQ


Menjelang beberapa hari lagi Ujian akhir untuk semester ganjil Tahun Pelajaran 2011-2012, Kepala Sekolah Madrasah al-Qur’aniyah Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar menggelar pertemuan dengan dewan guru. Rapat yang dipandu langsung oleh Kepala Sekolah Tsanawiyah, M. Habibi tersebut berjalan alot. Pembahasan rapat sebenarnya difokuskan untuk memabahas pelaksanaan semester, namun terkesan melebar yang menyebabkan durasi rapat menjadi panjang. Pertemuan tersebut minus pimpinan umum yayasan TGH. Mujtahidin, MA. Tak ada kabar tentang ketidak-hadiran sang Ketua Yayasan.
Ujian akan dimulai pada tanggal 7 Desember 2011, namun karena banyaknya pelajaran tambahan (muatan local) kita disini sengaja memajukan ujian tersebut ke hari Senin, yaitu pada tanggal 5 Desember 2011. Yang perlu untuk diketahui, mata pelajaran yang didahulukan di sini adalah pelajaran-pelajaran yang soal semesternya tidak dibuat oleh Kelompok Kerja Madrasah (KKM) seperti; tahfidz, mahfudzat, dan lainnya, begitu perkataan Kepala Sekolah Tsanawiyah saat memberikan penjelasan kepada peserta yang hadir.
Rapat yang sebenarnya khusus untuk agenda Tsanawiyah tersebut ditargetkan berlangsung tidak terlalu panjang, namun dengan alasan yang sama, pihak Madrasah Ibtida’iyah ingin rapat digabungkan dengan agenda yang bersamaan pula, yaitu pembahasan tentang persiapan menghadapi semester ganjil. Itulah alasan mengapa pertemuan tersebut memakan waktu hingga 2 jam. Selain membahas tentang persiapan menghadapi semester ganjil, masing-masing kepala lembaga, MI dan MTs menyertakan pembentukan panitia semester.  Banyak opini yang dilontarkan oleh peserta yang hadir, Sirojuddin Abbas misalnya, dalam pertanyaannya yang terkait dengan keterlibatan guru dalam pembuatan soal-soal semester. Selama ini soal-soal itu dibuat oleh KKM, kadang ada soal yang membuat saya bingung, mungkin Pak Kepala Sekolah bisa menyarankan kepada KKM untuk melibatkan kita dalam pemembuatan soal semester. Biar sesuai materi yang telah kita berikan kepada siswa-siswi dengan yang akan diujikan, begitu masukan yang dilontarkan kepada forum rapat oleh Abbas.
Dari dulu saya pernah diskusikan dengan KKM kalau masalah yang anda usulkan, hanya saja mungkin karena kita ini masih tergolong sekolah baru, untuk sementara kita ikuti dulu peraturan yang diterapkan, begitu timpal Habibi menanggapi pernyataan dari guru Fiqih tersebut.