Senin, 16 November 2015

DANA PKH III BATULAYAR TELAH USAI

Pencairan Dana Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap III Kecamatan Batulayar usai sudah. Tidak ada masalah berarti yang ditemukan di lapangan saat pertemuan dan penyaluran dana pemerintah tersebut. Semua berjalan lancar sesuai dengan name by address, demikian urai Ramadhan, salah seorang petugas Program Keluarga Harapan Kecamatan Batulayar di ruang Kessos, 17 Nopember 2015 pukul 10.00 Wita.
Sebagaimana diketahui, program Keluarga Harapan yang melingkupi Pendidikan dan Kesehatan tersebut membidangi Ibu Hamil, Balita, Siswa Sekolah Dasar, Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Siswa Menengah Atas (BUMIL, BALITA, SD, SMP DAN SMA). Untuk masing-masing kategori mendapatkan jatah yang berbeda. Triwulan terakhir ini masing-masing kategori peserta PKH mendapatkan jatah yaitu:
Bumil              : Rp. 250.000/ bulan
Balita               : Rp. 250.000/ bulan
SD                   : Rp. 112. 500/ bulan
SMP                : Rp. 187. 500/ bulan
SMA               : Rp. 250. 000/ Bulan
Lebih jauh Ramadhan menceritakan jika sebelumnya telah digelar pertemuan-pertemuan di masing-masing Desa. Dikatakan Ramadhan tujuan pertemuan adalah untuk penandatanganan dokumen, pemberian arahan terkait dengan kewajiban memberikan semangat kepada anak-anak mereka untuk rajin bersekolah, posyandu dan untuk ibu hami agar sering memeriksakan kehamilan mereka pada petugas kesehatan. Selain itu, arahan yang disampaikan adalah terkait dengan pemanfaatan dana PKH yang diterima untuk dimanfaatkan sesuai dengan keperluan-keperluan yang telah disepakati dan dijadikan sebagai pedoman, seperti untuk biaya pendidikan dan kesehatan.
Dana yang tersalur dari Program Keluarga Harapan untuk wilayah Kecamatan Batulayar berjumlah Rp. 249. 626. 250 dengan jumlah peserta penerima sebanyak 681 (Enam ratus delapan puluh satu). Dari tahun-ke tahun pemutakhiran data tetap dilakukan oleh petugas, bila ada masyarakat yang sudah dipandang mampu, maka pemberian dana PKH diberhentikan. Ramadahan menceritakan dari seluruh Desa yang ada di Batulayar, Desa Sandik dan Meninting merupakan 2 Desa yang memiliki perubahan setelah diturunkannya PKH. Artinya, perkembangan masyarakat dari kurang mampu menjadi sedikit mandiri.