Selasa, 11 Agustus 2015

SMK 1 BATULAYAR MENJADI PASKIBRA 17 AGUSTUS 2015



Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-70 Republik Indonesia Tahun 2015, Siswa dan Siswi Sekolah Menengah Kejuruan 1 Batulayar kembali dipercaya menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada Upacara yang akan dilaksanakan nanti pada hari Senin 17 Agustus mendatang. Ini merupakan kali kedua bagi Sekolah yang dipimpin oleh H. Burhanudin tersebut untuk mewakili sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Batulayar. Tahun sebelumnya, dan termasuk pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-57 Tahun April beberapa bulan yang lalu, kesempatan menjadi pengibar bendera diberikan kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Batulayar.
Sebagaimana kebiasaannya, sebelum melaksanakan tugas, siswa dan siswi yang bertindak sebagai pengibar bendera diberikan kesempatan untuk berlatih di halalam Kantor Kecamatan Batulayar. Tahun sebelumnya, pelatih pasukan bendera dilatih oleh Anggota Polisi Sektor (Polsek) Senggigi, termasuk baris berbaris, gladi sebelum hari dan sebagainya. Tahun ini sedikit berbeda, pelatih Pasukan Bendera diambil alih oleh Danposramil Kecamatan Batulayar.
Dalam setahun, setidaknya siswa-siswi dilibatkan sebagai Pengerek Bendera yang akan bertugas pada upacara setiap kegiatan atau event resmi yang diselenggarakan oleh Kecamatan. Saat ini, Kecamatan Batulayar, sudah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk menyambut pelaksanaan Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia. Kegiatan yang telah disusun termasuk beberapa mata lomba yang telah difinalisasi oleh para panitia kegiatan.
Dua puluh tujuh siswa/ siswi yang ikut berlatih mengerek bendera nanti tengah digodok oleh para pelatih guna menyempurnakan kegiatan tujuh belasan. Menurut keterangan pelatih, Zulkarnain mengatakan bahwa dari dua puluh tujuh siswa siswi yang diterjunkan akan dikerucutkan menjadi 12. Artinya, seleksi akan terus dilakukan siapa yang terbaik untuk dijadikan sebagai pengerek bendera. Pasukan yang berlatih kali ini didominasi oleh siswa dan siswi kelas X SMK 1 Batulayar.
Umbul-umbul dan spanduk pun telah berjejer di halaman seputar Halaman Kantor dan pinggir jalan Kantor Kecamatan Batulayar. Peringatan 17 Agustus yang merupakan napak tilas perjuangan para pejuang dan pendahulu bangsa Indonesia merupakan bentuk dan rasa nasionalisme, patriotisme selaku anak bangsa ini. Tidak hanya itu, momen-moment bersejarah pun patut diteladani, nilai-nilai perjuangan tanpa pamrih, bahkan mengorbankan nyawa, keluarga menjadi renungan bagi kita selaku bangsa dan rakyat Indonesia.