Sabtu, 04 Juli 2015

SAFARI RAMADHAN AGENDA RUTIN PEMDES BATULAYAR

Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala kebaikan. Berbagai macam bentuk amalan di bulan Ramadhan, jika dirunut secara rinci, pada malam-malamnya saja mempunyai banyak aktifitas dan kelebihan atau pahala jika dilakukan. Shalat tarawih, tadarrus al-Qur’an, nuzul al-Qur’an, hingga mencari kebaikan yang melebihi seribu bulan yang dikenal dengan malam lailaul qadar (malam kemuliaan).
Pada sisi yang berlainan, dan di kalangan tertentu seperti pemerintahan atau birokrasi malam bulan ramadhan dimanfaatkan untuk ajang silaturrahmi, lebih popular dengan sebutan Safari Ramadhan. Safari Ramadhan memang dilakukan di malam bulan ramadhan, dimana ada kunjungan, baik bersifat individu, kelompok atau instansi. Pemerintahan Desa Batulayar merupakan salah satu Pemerintahan di Kecamatan Batulayar yang rutin melakukan kegiatan kunjungan ke masyarakat dan sudah menjadi agenda dari Kepala Desa Batulayar, H.M. Taufiq, S. Pd.I.
Dari sepuluh dusun yang dinaungi oleh Pemerintah Desa, Tim yang dibentuk sendiri oleh Pak Kades tersebut rapi terjadwal untuk melakukan safari. Di saat itulah pemerintah menjalin kedekatan dengan warganya. Mendengar keluh-kesah yang disampaikan atau aspirasi masyarakat, menginformasikan, mencanangkan program-program yang akan digalakkan ke depan untuk untuk pembenahan atau kemajuan dari suatu masyarakat atau kampung dan sebagainya.
Safari Ramadhan oleh Kepala Desa Batulayar dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi yang datang dari bawah atau yang akan menjadi tuntutan warga. Selama saya menjabat sebagai Kepala Desa, kegiatan safari ini akan terus saya lakukan, karena di sinilah kita bisa berkomunikasi langsung, menjalin dan mendekatkan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, dengan melakukan safari seperti ini, selaku Kades kami mendengar langsung apa yang diinginkan olah masyarakat, demikian urai H. Taufiq selaku Kepala Desa Batulayar di Masjid Dusun Orong Desa Batulayar Lombok Barat. Kunjungan Pemerintah langsung kepada masyarakat seperti ini memang sangat diharapkan, dengan terjun ke masyarakat, kita senang dan pemerintah mengetahui kondisi real dari masyarakat, demikian keterangan Kurnain, Kepala Dusun Orong saat mengomentari safari Pemerintah Desa
Dalam melakukan safari, Kepala Desa melibatkan seluruh jajarannya. Staf Desa, BPD, Karang Taruna, LPM, TPKD, PKK, dan Penghulu semua dirangkul untuk sebagai pendamping Kepala Desa. Kegiatan safari diisi dengan Ceramah Ramadhan, pidato dan penyampaian program-program oleh Kepala Desa. Di samping yang demikian, Pemerintah Desa juga menyerahkan sedikit bantuan Kepada masyarakat, masjid yang dikunjungi sebagai bentuk perhatian dan kerja sama silaturrahmi pemerintah dengan masyarakat.