Rabu, 18 Juni 2014

WARGA DESA MENINTING MENERIMA BANTUAN RS-RTLH

Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RTLH) yang merupakan Program Kementrian Sosial Republik Indonesia tahun ini kembali mengucurkan bantuan kepada warga miskin. Kali ini Desa Meninting Kecamatan Batulayar yang kecipratan rezeki yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut. Sebanyak 70 Kepala Rumah Tangga yang tersebar di Desa Meninting berhak mendapatkan bantuan untuk rehab rumah. Secara keseluruhan besaran dana yang diterima oleh Masyarakat Meninting sebanyak Rp. 700. 000.000,- (Tujuh ratus juta rupiah).
Dana tersebut selanjutnya akan dibagikan kepada 70 orang yang telah terdaftar dan berhak menerima. Besaran yang diperoleh untuk masing-masing KK adalah senilai Rp. 10. 000.000,- (Sepuluh juta rupiah).  Mahnan Harianto selaku Kepala Desa Meninting dalam sambutannya mengatakan bahwa sebanyak 120 KK yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan rumah tidak layak huni di Desa yang dipimpinnya. Dari jumlah usulan awal dan yang sekarang telah terealisasi adalah sebanyak 70 orang atau KK.
Sementara itu, Eko yang merupakan perwakilan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia mengatakan bahwa dana RS-RTLH ini murni bantuan dari Pemerintah Pusat dan dana bantuan ini tidak kenakan pajak sebagaimana dana-dana lainnya. Eko juga berpesan jika ada orang yang mengatasnamakan diri dari Kementrian Sosial atau lainnya untuk meminta dana agar jangan diberikan. Kalau ada kasus seperti itu segera laporkan kepada kami atau Kepala Desa, urai Eko di sela-sela memberikan pengarahan kepada warga yang hadir.
Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Barat, H. Fathurrahim. Selembar Cek senilai 700 juta tersebut akan dicairkan melaui Bank BRI oleh masing-masing Ketua Kelompok. Fathurrahim dalam sambutannnya mengatakan bahwa hendaknya bantuan yang diberikan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan sampai menimbulkan masalah, ini merupakan hal yang patut kita syukuri, dan kepada Bapak dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, selaku Pemerintahan di Kabupaten Lombok Barat mengucapkan banyak terima kasih, begitu urai Kadis Sosial tersebut.
Darwis salah satu warga asal Dusun Presak Desa Meninting yang menerima bantuan merasa sangat gembira dengan adanya bantuan yang diberikan. Semoga perhatian tetap memperhatikan rakyatnya yang miskin seperti kita ini, kata Darwis.