Senin, 04 November 2013

MARI WUJUDKAN PERILAKU HIDUP BERSIH dan SEHAT

Berbicara masalah kesehatan seakan tidak ada ujungnya, dimana pun dan kapan pun. Kesehatan menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian Indek Pembangunan Manusia atau yang biasa disingkat dengan IPM. Bahkan kesehatan menempati urutan pertama dalam Human Development Index sebagai acuan perkembangan dan kemajuan suatu daerah. Melihat kondisi ril tersebut pemerintah; pusat maupun daerah harus menggelontorkan dana yang cukup besar guna menunjang derajat kesehatan.
Kesehatan tetap didambakan dalam berbagai situasi dan kondisi. Tak peduli musim hujan atau kemarau, intinya masyarakat dituntut untuk tetap menjadi sehat untuk terus eksis menjalankan segala aktifitas. Kesehatan biasanya dipadankan dengan segala wabah atau penyakit. Sekarang ini kini kita berada pada musim hujan, biasanya rentan dengan penyakit. Untuk menanggulanginya tentu masyarakat harus mampu berperilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit yang tiba-tiba datang menyerang.
Inilah maksud penyuluhan kesehatan yang di adakan di Aula Kantor Desa Senteluk Kecamatan Batulayar. Penyuluhan kesehatan dengan mengambil tema “Tubercolosis dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (TBC-PHBS) ini tentu memberikan makna bagi masyarakat untuk terus waspada akan kesehatannya. Masalah TBC dan PHBS sangat penting dijaga, apalagi sekarang kita telah memasuki musim hujan, resiko terjangkit penyakit sangat tinggi, demikian ujar salah satu penyaji materi penyuluhan di hadapan masyarakat Desa Senteluk.
Para peserta yang didominasi oleh kaum Hawa tersebut telihat serius mendengar penjelasan materi penyuluhan yang melibatkan Dinas Kesehatan Lombok Barat dan PNPM GSC Desa Senteluk Kecamatan Batulayar. Sebelumnya, Sekretaris Desa Senteluk, Mustiadi memberikan apresiasi terkait penyuluhan bidang kesehatan. “Kita berterima kasih dengan semua program-program yang langsung melibatkan masyarakat seperti penyuluhan ini, bisa memberikan pemahaman dan perhatian kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, demikian bagian isi sambutan yang disampaikan oleh Sekdes di hadapan para peserta penyuluhan. Acara dimulai sejak pukul 09.00 dan diakhiri sekitar pukul 11:30 Wita.