Jumat, 02 Agustus 2013

PONPES MADRASATUL QUR'ANIYAH BAGIKAN SANTUNAN

Bulan Ramadhan merupakan bulan berkah bagi umat Muslim di seantero dunia. Moment bulan Ramadhan dimanfaatkan oleh kaum muslim untuk berbagi dengan sesama. Semua umat Islam yang menjalankan ibadah puasa tidak ingin melewatkan kesempatan emas untuk menambah kebaikan, ibadah shalat Tarawih, sedekah, hadiah dan yang terpenting adalah zakat fitrah yang wajib dikeluarkan sebelum Hari Raya Idul Fitri sebagai pelengkap kesempurnaan ibadah mereka.
Instansi pemerintah, swasta, organisasi masyarakat dan sejenisnya pun tak jarang melewatkan bulan suci Ramadhan untuk berbagi. Begitu pula yang terlihat di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah Dusun Tato Desa Sandik Kecamatan Batulayar. Disamping menggelar buka puasa bersama santri, tak lupa pengurus madrasah menyerahkan santunan kepada kaum dhua’fa yang berada di sekitar pondok pesantren. Sekitar 130 kaum fakir miskin, anak yatim, orang jompo berdatangan ke Pondok Pesantren yang dipimpin oleh TGH. Mujtahidin ini untuk menerima santunan.
Kaum yang berhak menerima santunan datang dari berbagai dusun yang berdekatan dengan pondok pesantren; Dusun Aik Are, Dusun Senteluk, dan Dusun Tato merupakan dusun sasaran yang diberikan Ta’jil oleh yayasan. Semuanya, kita berikan, fakir-miskin, anak yatim, orang jompo, kita bagikan di sini, begitu keterangan Kepala Madrasah Tsanawiyah Ponpes Madrasatul Qur’aniyah. Mereka sengaja langsung diundang sore atau habis sholat Ashar untuk menerima bantuan, begitu lanjut M. Habibi.
Untuk menghindari desakan warga yang menerima santunan, Panitia memberikan kupon agar mudah pengambilannya. Adapun bagi warga yang tidak dapat hadir, namun sudah terdata namanya langsung diantarkan ke rumahnya. Acara pemberian santunan dimulai sekitar pukul 16:00 yang kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama bagi santri dan dewan guru yang bertugas di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah.