Kamis, 22 September 2011

Setia Kawan



H
idup adalah yang menjadikan sesuatu merasa atau mengetahui dan bergerak. Yang tidak mempunyai pengetahuan, tidak merasa, tidak bergerak, maka ia mati. Pengetahuan atau kesadaran dimaksud minimal adalah menyadari dirinya sendiri. Semakin banyak pengetahuan dan kesadaran, dan semakin peka perasaan, maka semakin tinggi kualitas hidup.
Kita tidak bisa hidup sendiri. Butuh bantuan orang lain. Pastikan mereka adalah orang yang dapat kita andalkan. Sahabat adalah mereka yang membuat kita bangkit untuk percaya diri, ketika orang lain berusaha menjatuhkan atau meremehkan kita. Sahabat merupakan salah satu orang yang dapat memberi motivator dalam hidup, di saat sakit, susah, gelisah, tertidas dan lainnya, di saat itulah kita membutuhkan kasih sahabat. Sahabat adalah orang yang selalu setia bersama kita dalam keadaan bagaimanapun jua. Kesadaran tinggi akan sifat sebagai makhluk social menuntut diri untuk membuang jauh sifat-sifat arogan, dengki, tinggi hati, iri hati, serta sifat-sifat buruk lainnya. Singkatnya, hidup di dunia memerlukan kepercayaan dan kesetia-kawanan sebagai wujud saling ketergantungan antara yang satu dengan yang lainnya. Kodrat.  
Salah satu aktifitas yang dilakukan siswa-siswi Pon-Pes al-Qur’aniyah Desa Sandik Kecamatan Batulayar adalah ingin memupuk tingginya nilai-nilai persahabatan antara siswa dan siswi, antara wali siswa dengan dewan guru khususnya di lingkup pondok pesantren al-Qur’aniyah. Ini diwujudkan dalam bentuk besuk salah satu siswa yang tengah menderita sakit. Nur Azizatun Islami merupakan salah satu siswi yang mengenyam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah yang diresmikan  pada bulan Juni 2010 oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat. Menjelang 2 hari lebaran Idul Firti dia sakit, namun sekarang sudah agak baik, demikian ungkap orang tua siswi yang tinggal di Dusun terpencil tersebut. Setelah bercerita banyak tentang keadaan putrinya dihadapan para guru-guru MQ, besuk yang dikawal langsung oleh Kepala sekolah tersebut berpamitan.