Sabtu, 17 September 2011

Halal bi Halal Pondok Pesantren Al-Qur'aniyah



R
angkaian acara digelar oleh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’aniyah setelah istirahat beberapa pekan lalu. Salah satu acara yang diadakan ditengah bergulirnya kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lingkup tersebut adalah acara Halal bi Halal. Acara yang dijadwalkan hari Jum’at 16092011 pukul 14.00 sempat molor hingga pukul 15.00. Acara yang dirangkaikan dengan pengajian umum itu sedikit terhambat dikarenakan telatnya penceramah (TGH. Khudori Ibrahim) tiba di lokasi yang ditunggu oleh ratusan jamaah. Ini merupakan pengajian umum kedua yang diadakan setiap bulannya sekaligus sebagai ajang silaturrahim pimpinan pondok pesantren dengan wali santri. Demikian ungkap pimpinan Pondok Pesantren TGH. Mujtahidin Abdulllah, Lc, MA.
Sembari menanti kehadiran penceramah, beberapa kegiatan seperti nasyid islami,  yasinan, shawalat-shalawat nabi oleh santriwati-santriwati al-Qur’aniyah pun ditampilkan ditengah-tengah jama’ah. Meskipun acara terlambat dimulai, namun tingginya animo masyarakat untuk memenuhi undangan pimpinan pondok membuat masyarakat tidak beranjak di tempat yang telah disiapkan oleh Panitia. Dalam siramannya, TGH. Khudori Ibrohim, Lc menjelaskan akan pentingnya syukur kepada Allah atas limpahan karunia yang telah dianugerahkan kepada kita semua, baik nikmat kesehatan, udara, dll, patut kita semua syukuri, demikian pungkas Kiai lulusan al-Azhar tersebut.
Pimpinan PP al-Qur'aniyah H. Mujtahidin Abdullah, MA (menggunakan koko putih)
Selain membahas syukur, kiai asal Kediri tersebut juga menyinggung masalah “fitrah”. Fitrah artinya, sesuatu yang bersih, bening, jernih dan tidak dapat terkontaminasi oleh apapun. Setelah berpuasa Ramadhan sebulan penuh, kita kembali menjadi fitrah, begitu imbuh kiai dalam menyampaikan ceramahnya. Acara yang diakhiri pukul 16.30 tersebut dilangsungkan oleh shalat Ashar berjamaah di mushalla pondok pesantren al-Qur’aniyah, sebelumnya diakhiri tutup do’a yang dipandu langsung oleh TGH. Ahmad Zakaki piminan Pondok Pesantren Ishlahul Muslimin Desa Senteluk Kecamatan Batulayar.