Selasa, 01 April 2014

SAMPAH DAN PERMASALAHANNYA



Sampah kerap kali menimbulkan masalah, menjadi pemicu banjir, pencemaran lingkungan, menyebabkan bau tak sedap, merusakpandangan, dan berbagai macam masalah yang berdampak negatif pada lingkungan hidup. Seperti kita ketahui dan sering kita saksikan dilayar kaca, Beberapa tahun terakhir ini Banjir merupakan salah  satu persoalan yang akrab dengan semua Negara di dunia, bahkan yang paling parah Indonesia (Ibu Kota) merupakan banjir langganan tiap tahun saat datangnya musim penghujan. adapun pemicu banjir itu selain besarnya curah hujan tiada lain tiada bukan, kalau bukan karna si gerombolan sampah.
Kejadian seperti diatas juga tidak akan menutup kemungkinan bakal terjadi di daerah kita masing-masing saat musim penghujan tiba. karna sampah, menyebabkan dangkalnya kali, tersumbatnya aliran air (drainase), akhirnya airpun akan tergenang disekitarnya dan banjir pun akan terjadi.
Tadi pagi, tepatnya di Desa Sandik. terlihat Salah satu drainase persawahan yang melintasi jalan, meluapkan airnya kejalanan, dan menggenangi berapa sawah  petani disekitarnya, Udin salah satu warga yang masih sibuk membersihkan drainase tersebut dan sempat di wawancarai ole KM layar stone mengatakan penyebab terjadinya hal tersebut. “ sebenarnya genangan air ini terjadi sejak tadi malem dan sudah biyasa terjadi sejak 2 tahun terakhir ini” sebabnya pun, lanjut Udin menjelaskan, “karena tersumbatnya aliran sungai oleh sampah-sampah, sembari menunjukkan tangannya ke arah tumpukan sampah yang baru saja dibersihkan oleh beberapa warga dari dalam drainase.
Memang benar, seperti apa yang diungkapkan Udin, di pinggir jalan tersebut terlihat tumpukan sampah dari berbagai macam jenis sampah yang telah menyebabkan aliran air tersumbat dan memicu terjadinya genangan air disekitarnya. Lanjut Udin mengatakan, “padahal sudah sering disampaikan pada warga setempat bahkan sampai ditaruhkan pelang agar tidak membuang sampah pada aliran air seperti sungai, telabah atau got, namun warga kurang mengindahkan himbaun tersebut.
Adapun, informasi lebih lanjut yang didapatkan Tim KM. Layarstone sampah tersebut tidak hanya berasal dari Sandik namun juga dari desa lain seperti Bengkaung dan Aik are, lebih jauh mungkin hal kecil tersebut perlu mendapatkan perhatian kita bersama agar saling menghimbau satu sama lain, untuk tetap menjaga lingkungan sekitar, dan begitu juga perhatian dan kepedulian pemerintah sangat diharapkan, agar terus berupaya untuk mensosialisakan pentingnya kebersihan lingkungan hidup, agar masyarakat sadar untuk tidak  membuang sampah sembarangan.