Kamis, 09 April 2015

LOMBA SEKOLAH SEHAT MENYAMBUT HUT 57 LOBAR

Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar, Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batu Layar dan Sekolah Menengah Atas 1 Batu Layar mewakili Kecamatan Batu Layar dalam lomba Sekolah Sehat (LSS) yang digalang oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sebagai rangkaian kegiatan dalam menyambut hari Ulang Tahun ke-57 Kabupaten Lombok Barat yang akan jatuh pada tanggal 17 April mendatang. Lomba Sekolah Sehat (LSS) diikuti oleh masing-masing perwakilan Sekolah yang telah direkomendasikan oleh pihak Kecamatan masing-masing.
Penilaian Lomba Sekolah Sehat di Kecamatan Batu Layar dimulai pada tanggal 1 April 2015. Tim Penilai terdiri dari 6 orang dari berbagai unsur seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Agama, Bagian Kesejahteraan Social, Sie Gizi, Sie PL, Sie POM, dan Sie Promkes. Tim yang terdiri dari 7 orang personil tersebut secara rinci mengecek beberapa indikator yang menjadi tolak ukur lomba. Kebersihan gedung sekolah, jumlah murid, kerapian, kebersihan kamar mandi, kesehatan kantin dan lain sebagainya tak luput dari penilaian.
Seperti yang terlihat di dalam gambar, gambar yang dipajang adalah penilaian yang dilakukan oleh Tim di Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. Kebersihan dan kerapian halaman sekolah atau gedung, penilaian kondisi makanan yang diminati dan dikonsumsi oleh anak-anak sekolah dasar mendapat pantuan ketat dari tim.
Di semua sekolah yang menjadi perwakilan kecamatan, Tim Penilai melakukan penilaian yang sama. indikator penilaian yang menjadi tolak ukur dan selanjutnya akan menjadi penentu pemenang sudah jelas kategorinya, demikian ungkap salah satu pendamping tim dari Puskesmas Meninting Kecamatan Batu Layar. Tak kurang dari satu jam tim penilai melakukan pengecekan di lapangan. Hal tersebut menjadi acuan para tim untuk menjadikan penentu sekolah tersebut bisa atau layak dikatakan sekolah sehat.
Secara kebetulan, di Kecamatan Batu Layar, yang menjadi penilai adalah Tim satu yang dikomandani oleh H. Fadhillah Kepala Bagian Kesra Kabupaten Lombok Barat. Bersama dengan Tim yang telah ditunjuk dan ditentukan, penilai mengunjungi tiga sekolah perwakilan yang menjadi duta Kecamatan batu layar dalam event tahunan Lombok Barat.