Jumat, 17 April 2015

KEMERIAHAN HUT 57 LOMBOK BARAT DI BATU LAYAR

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-57 Kabupaten Lombok Barat di Kecamatan Batu Layar 17 April 2015 sangat meriah. Kemeriahan peringatan HUT kali ini bukan saja karena kehadiran banyaknya peserta upacara yang memadati halaman Kantor Kecamatan Batu Layar untuk memperingati hari berdirinya Kabupaten yang kini sedang dipimpin oleh Bupati Zaini Aroni-Fauzan Khalid melainkan banyaknya agenda dan kegiatan pra dan pasca HUT Lobar ke-57.
Seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Batu Layar sengaja diliburkan oleh Kepala Sekolah agar para guru dan karyawan lembaga pendidikan dapat mengikuti prosesi Upacara Bendera. Upacara yang dimulai sekitar pukul 08.00 tersebut berjalan sesuai dengan harapan Panitia Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lobar Kecamatan Batu Layar.
Pelaksanaan Apel Bendera HUT kali ini diawali dengan pengumuman pemenang Olimpiade tingkat anak Sekolah Dasar yang meliputi Sain IPA dan Matematika. Fauziah, S. Pd selaku ketua KKS langsung mengumumkan dan membacakan nama-nama siswa dan sekolah yang mendapatkan juara.
Sebelumnya, beberapa agenda dan kegiatan yang digelar dalam rangka penyambutan Hari Ulang Tahun seperti; gerak jalan santai, senam massal, lomba susur pantai dan pembersihan kawasan pariwisata lingkup Kecamatan Batu Layar. Kegiatan dan Lomba tidak hanya digelar oleh Panitia HUT Kecamatan melainkan juga digelar oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Batu Layar.
Lomba yang diagendakan langsung oleh KKKS meliputi Olimpiade Sekolah Nasional (OSN) Kecamatan Batu Layar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Bahkan ada lagi lomba yang akan digelar H+1 Apel Bendera HUT Lobar seperti mewarnai untuk anak-anak Sekolah Dasar yang rencananya akan digelar di Taman Kota Sandik Desa Sandik.
Camat Batu Layar, Suparlan selaku Inspektur upacara setelah Apel memberikan apresiasi kepada semua yang hadir. Suparlan tak menyangka bahwa peserta yang hadir membeludak sejak pukul 07.00 di Halaman Kantor Kecamatan Batu Layar. Dalam Amanat alias Sambutan Bupati Lombok Barat yang disampaikan oleh Inspektur mengangkat tema HUT kali ini dengan semboyan “Bersatu Untuk Maju”.
Kemajuan Lombok Barat tentu atas dukungan semua elemen yang ada dari tingkat bawah tanpa memandang suku, agama, dan golongan. Pembangunan Lombok Barat akan maju bila didukung oleh masyarakat, demikian petikan sambutan Suparlan selaku Camat Batu Layar. Apel Bendera pun berjalan sesuai dengan rencana dan harapan panitia. Acara diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba-lomba yang telah digelar sebelum Upacara Bendera.