Kamis, 16 April 2015

DESA SENGGIGI WAKIL BATU LAYAR LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN

Suasana Penilaian Tim
Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar untuk kali kedua berkesempatan menjadi perwakilan Desa di Kecamatan Batu Layar untuk mengikuti Program Lomba Desa. Di Senggigi Lomba Desa tahun ini terasa special dengan kehadiran Istri Wakil Bupati Lombok Barat Nyonya Fauzan Khalid ke Kantor Desa Senggigi yang dijadikan sebagai pusat penilaian para Tim Penilai.
Kehadiran Isteri Wakil Bupati Lombok Barat dengan rombongan Tim Penilai dari Kabupaten ini disambut meriah oleh masyarakat yang hadir di lokasi acara. Mengawali penyambutan, beberapa kesenian mengiringi seperti Tarian Rudat Senggigi, Tarian Halus yang disuguhkan oleh anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAU) Desa Senggigi. Nampak keceriaan di wajah orang isteri orang penting di Lombok Barat tersebut di saat menyaksikan suguhan acara yang disediakan oleh masyarakat Senggigi.
Camat Batu Layar, Suparlan, S. Sos dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan event tahunan Pemerintahan Desa. Kawasan Senggigi merupakan jantung pariwisata di Lombok Barat, dalam hal pelaksanaan Lomba Desa, masalah administrasi pada tingkat Desa tergolong lemah. Berbeda dengan infrastruktur yang Alhamdullillah sudah baik, demikian urai Suparlan saat mendapat kesempatan menyambut pelaksanaan Lomba Desa.
Kegiatan Lomba Desa sebagaimana telah dimaklumi bersama merupakan kegiatan yang melibatkan pengecekan administrasi dan pendataan pemerintah Desa selama satu tahun. Tertib administrasi merupakan hal yang sangat mendukung dalam memajukan pembangunan daerah, untuk itulah kesingkronan dan kelayakan data perlu dinilai untuk lebih mantap termasuk didalamnya kegiatan atau pelaksanaan program-program yang mendorong pembangunan.
Acara yang dimulai sekitar pukul 10.00 pagi tersebut dibuka oleh pembacaan Kalam Ilahi yang dilantunkan oleh Ustadz H. Sudiharji, qari terbaik Lombok Barat. Setelah prosesi, penilaian dilakukan pada akhir acara. Menurut keterangan Sekdes Senggigi, Mustahiq, A. Md. Lomba Desa kali ini terkesan mendadak dan tergesa-gesa sehingga banyak administrasi yang dikerjakan terkesan lambat. Sebenarnya Lomba Desa ini belum waktunya, namun mungkin karena Lombok Barat terlalu banyak memiliki kegiatan Lomba Desa dimajukan, begitu keterangan Sekdes Senggigi.
Sekitar dua jam para Tim Penilai memberikan penilaian dan pengecekan terhadap bidang-bidang yang dianggap penting terutama terkait dengan tertib administrasi. Semoga dengan adanya Lomba Desa ini tertib administrasi khususnya pada tingkat Desa akan lebih baik dan teratur sehingga dengan demikian acuan untuk pelaksanaan pembangunan makin mudah di Lombok Barat.