Senin, 27 Februari 2012

DISTRIBUSI RASKIN DI DESA BATULAYAR


DESA BATULAYAR: Penyaluran Beras Miskin (Raskin) untuk bulan Februari 2012 di wilayah Batulayar clar. Sekitar pukul 10.00 pagi petugas penyalur Beras Miskin (Raskin)  langsung singgah di Desa Batulayar untuk melakukan verifikasi. Kedatangan petugas disambut langsung oleh staf Desa setempat. Beras yang merupakan bagian dari subsidi pemerintah kepada rakyat tersebut langsung ditindak lanjuti oleh petugas yang ada di Desa. Sehabis melakukan pendataan, petugas yang ada di desa langsung menyalurkan beras raskin ke pihak Dusun.
Dari Dusun kemudian disalurkan kepada masyarakat. Penyaluran Beras Miskin (Raskin) dilakukan sebagaimana biasa. Dalam penyaluran dan untuk menjaga ketertiban, biasanya Kepala Dusun memberikan berupa lembaran kupon bagi penerima beras. Dengan menunjukkan kupon, masyarakat yang mendapatkan jatah beras segera menerima melalui Kepala Dusun. Beras yang dibagikan kepada masyarakat memang tidak gratis, namun bila dibandingkan dengan harga biasa, beras yang merupakan bantuan dari pemerintah tersebut sedikit lebih terjangkau karena telah ditentukan harganya per kilo gram.
Jatah beras bersubsidi kepada masyarakat terus bergulir. Di berbagai tempat misalnya, petugas penyalur beras memiliki jadwal yang berbeda untuk turun ke berbagai desa yang dijadwalkan. Untuk membagikan beras, kita membagikan kupon beberapa hari sebelumnya, ketika hari H, kita mengumumkan melalui pengeras suara Masjid kepada masyarakat untuk segera ke rumah Kepala Dusun, begitu ungkap Kepala Dusun Teloke yang diiyakan oleh staf Desa Batulayar.