Rabu, 09 September 2015

LOMBA UP2K KECAMATAN BATULAYAR



Tiga desa di Kecamatan Batulayar menggelar lomba untuk memeriahkan HUT HKG Ke-44 PKK. Lomba yang didominasi penyelenggaraannya oleh kaum Hawa tersebut adalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Desa Senteluk, Meninting dan Senggigi menjadi desa yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan lomba tersebut. Ketiga desa yang mengikuti pegelaran menampilkan jenis usaha yang merupakan andalan atau kekhasan masing-masing wilayah. Desa Meninting dan Desa Senteluk menampilkan hasil budidaya Jamur Tiram.
Hasil Jamur Tiram yang dikemas menjadi makanan ringan atau cemilan hasil karya Desa Meninting dan Senteluk merupakan usaha yang marak dan sedang digalakkan oleh kelompok pengusaha menengah kebawah ini. Hasil olahan Jamur Tiram hasil produksi masyarakat tersebut dikemas menjadi beberapa jenis seperti Keripik, dan Camilan lain.
Gambar yang melekat pada tulisan ini merupakan salah satu dari produk olahan yang berbahan baku Jamur Tiram. Menurut keterangan Isnaeni, hasil dari olahan Jamur Tiram ini sebenarnya bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Untuk makanan ringan bisa terlihat wujudnya seperti Keripik. Keripik yang secara umum dibuat oleh kebanyakan orang awalnya didominasi oleh bahan baku berupa Ubi atau Singkong. Makanan ringan, seperti keripik, kue bawang, roti, permen, dengan menggunakan bahan baku Jamur Tiram pun tak kalah enak dan menariknya, demikian cerita Isnaeni.
Lebih lanjut Isnaeni menceritakan, bahwa sekarang produksi dari hasil Jamur Tiram banyak dicari dan diminati oleh para konsumen. Jangankan sudah menjadi kue, belum diolah pun permintaan Jamur Tiram hampir kualahan pesanan, karena dijadikan sebagai sayur, bakso dan sebagainya. Ini merupakan langkah-langkah menuju ekonomi kreatif bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha dan ekonominya. Dalam lomba tersebut hadir pengurus PKK Kabupaten, dewan juri dan sebagian ibu-ibu kelompok PKK se-Kecamatan Batulayar
.