Rabu, 09 September 2015

TARIAN BAIT AIK ENGGER NANGKOK SIE DAN LALO NGERAKAT

Orang yang melihat gambar pada tulisan ini mungkin sedikit paham dengan apa yang dilakukan oleh kumpulan anak-anak muda dengan pakaian seragam sambil sedikit melenggak-lenggokkan badan mereka di halaman Kantor Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Mereka adalah penari-penari yang rencananya akan menjadi pendamping pelaksanaan Festival Senggigi yang akan segera digelar oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
Menurut cerita, Festival Senggigi akan gelar pada tanggal 16 September 2015 yang dipusatkan di daerah Senggigi yang merupakan jantung pariwisata Lombok Barat. Kepastian tanggal pelaksanaan Festival tidak perlu diperdebatkan dalam hal ini, namun yang menjadi fokus adalah kesenian yang akan ditampilkan oleh Kontingen Kecamatan Batulayar.
Sesuai dengan namannya, festival Senggigi pasti akan dilaksanakan di Senggigi. Pun demikian, festival Senggigi merupakan pameran budaya sekaligus ajang promosi wisata yang dimiliki oleh Lombok Barat, bahkan Nusa Tenggara Barat. Pada perayaan festival ini, dari puluh Kecamatan yang tersebar di Lombok Barat menampilkan kekhasan masing-masing. Termasuk tuan rumah Batulayar. Perayaan festival kali ini, salah satu yang akan ditampilkan oleh Kecamatan Batulayar adalah tari-tarian. Tarian yang akan dipamerkan pada tanggal 16 September mendatang mengangkat tema “Bait Aik Engger Nangkok Sie” dan “Lalo Ngerakat”.
Batulayar yang dikenal dengan pariwisata dan pantai menjadi alasan pengangkatan tema “Lalo Ngerakat” ini. “Lalo Ngerakat”, jika dibahasan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Pergi ke Pantai Untuk Mencari Ikan”. Adapun tema “Bait Aik Engger Nangkok Sie” adalah tradisi dan budaya bagi masyarakat Batulayar yang tinggal dan berdomisili di wilayah-wilayah pegunungan atau perbuktian.
Hampir dua pekan sudah, para penari ini melakukan latihan yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Batulayar. Masykur selaku pelatih tetap bersemangat melatih anak didiknya dari usia pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Latihan dimulai sejak pukul 15.00 hingga pukul 18.00. Latihan ini merupakan persiapan untuk penampilan nanti di ajang festival Senggigi tahun 2015 yang dimotori oleh Dinas Pariwisata ini.