Selasa, 01 Desember 2015

PENEBANGAN POHON SECARA LIAR, INI KATA KADES BATULAYAR

Penebangan pohon secara liar marak terjadi. Kepala Desa Batulayar, H.M. Nur Taufiq Nawawi menilai bahwa salah satu yang membuat daerah kekeringan adalah karena masyarakat tidak terkontrol dalam menebang pohon secara sembarangan. Meskipun dibolehkan, misalnya di kebun milik sendiri, saya selaku Kepala Desa tetap menyarankan agar masyarakat yang ingin menebang pohon untuk menyediakan pengganti. Artinya, dia harus menanam pohon dulu, tunggu agar besar baru kita sarankan untuk menebang, karena salah satu tujuannya adalah untuk meminimalisir kekurangan air, begitu cerita Taufiq saat berdiskusi dengan warga.
Coba perhatikan daerah Dusun Orong, dulu hijau, sekarang terlihat gersang. Penyebabnya adalah masyarakat yang tidak mengerti dan asal-asalan. Apa yang terjadi adalah kekeringan. Dulu tidak pernah kekeringan di Dusun Orong Desa Batulayar, namun karena ulah manusia sendiri bencana tidak bisa dihindari. Menceritakan kondisi Dusun Orong yang dulunya menyejukkan, Kades mungil ini merasa miris.
Kades menceritakan bahwa ada kebebasan menebang pohon di kebun milik sendiri karena ada aturan dari pusat. Pun demikian, yang menjadi masalah adalah bencana yang menimpa kebanyakan warga yang hidup dan tinggal di daerah tersebut.
Kembali kepada permasalahan penebangan pohon, sebenarnya masalah penebangan menurut Taufiq bukan masalah baru, namun sudah ada dari dulu. Namun bedanya, zaman dulu agak ketat aturannya, semasa saya kecil saya temukan orang-orang yang menebang pohon dikejar sama petugas, sekarang hampir tidak diperhatikan, kata Kades yang menjabat sejak tahun 2011 di Desa Batulayar ini.
Dalam hal ini yang perlu ditumbuhkan adalah nilai kesadaran masyarakat. Padahal pemerintah menggalakkan penanaman pohon, 1 milyar pohon bahkan, namun karena tidak ada yang bertanggung jawab, mengawasi, merasa memiliki, program-program tersebut terasa percuma. Kesadaran akan pentingnya pohon sebagai tumbuhan yang menampung dan menyerap air, sehingga debit air terpelihara menjadi salah satu pemahaman yang harus ditumbuhkan kepada masyarakat.